PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN FACEBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 PADANG PARIAMAN

wahyu putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep fisika dan keterampilan komunikasi peserta didik yang belajar dengan E-Modul berbasis MBL-FB  kelas X Fase E MAN 1 Padang Pariama. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy exsperimental) dengan counteer balance design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik  kelas X MAN 1 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah yaitu 255 peserta didik terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas ekperimen adalah kelas X E1 dan  X E2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes untuk pemahaman konsep dengan analisis data yang digunakan yaitu uji-t dan keterampilan komunikasi menggunakan lembar observasiHasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika peserta didik menjadi lebih baik menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB. Rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik di kelas X E1 pada materi pemanasan global menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB dengan rata-rata nilai 80,83 dan kelas X E2 75,56 menggunakan model PBL. sedangkan pada pada materi pencemaran lingkungan kelas X E1 menggunakan model PBL dengan rata-rata nilai 74,44 dan kelas X E2 80,28 menggunakan E-Modul berbasis MBL-FB.


Keywords


E-Modul, Model Blended Learning, Facebook, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Widiyanto, B., Fatkhurrohman, M. A., Peraga, A., Darah, S. P., & Belajar, H. (2018). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan TTS Berbasisi Blended Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi. 2, 61–67.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. Terjemahan oleh Helly Prayitno Soetcipto & Sri Mulyantini Soetcipto. Pustaka Pelajar.

Asmendri, & Sari, M. (2018). Analisis Teori-Teori Belajar pada Pengembangan Model Blended Learning dengan facebook (MBL-FB). Natural Science Journal, Volume 4(2), 604–615.

Astiti, K. A., & Yusuf, Y. H. M. (2018). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 3(3), 185–192. https://doi.org/10.35508/fisa.v3i3.625

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1707

Dahry, S., & Avana, N. (2021). Pengaruh Blended Learning terhadap Pamahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 3999–4012.

Farhana, I. (2022). Merdekakan pikiran dengan kurikulum merdeka: Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di kelas. Lindan Bestari.

Harianti, J. L., Sari, M., & Deswita, P. (2023). Penggunaan PhET Simulasi pada Model Blended Learning dengan Facebook terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fisika SMA/MA. 9(1), 80–93.

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10940

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. https://doi.org/10.30984/jii.v5i1.562

Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis ETNO- Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Journal Cerdas Mahasiswa, 189–200.

Kepmendikbudristek. (2022a). Capaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pemdidikan.

Kepmendikbudristek. (2022b). Menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia.

Nadia Risri Maimunah. (2022). pengembangan E-modul fisika berbasis problem solving menggunakan plip pdf profesoional terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sma/ma. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Padang.

Nuraini, L., Supeno, S., Sudarti, S., Astutik, S., & Royani, S. N. M. (2022). Analisis Kemampuan Penguasaan Konsep Ipa Terpadu Dan Kepedulian Lingkungan Mahasiswa Melalui Penggunaan Bahan Ajar Pengolahan Tebu Sebagai Energi Terbarukan. Jurnal Kumparan Fisika, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/jkf.5.1.15-22

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.

http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Putri, A. J., Arsil, A., & Kurniawan, A. R. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154–161.

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3438

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668

Rizki, I. Y., Surur, M., & Noervadilah, I. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Visipena, 12(1), 124–138. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1433

Rukminingsih, Adnan, G., & Latif, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sari, A. P., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 10. https://doi.org/10.32699/spektra.v8i1.228

Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, S., & Sidik, R. S. R. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis Logis. Numeracy, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1901

Sari, M. (2018). Pengembangan model blended learning dengan facebook (MBL- fb) pada perkuliahan Biologi Umum di LPTK - PTKI. Pascasarjana UNP.

Sari, M. N., Daud, M., & Faradhillah, F. (2022). Pengembangan E-Modul Fluida Untuk Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 35. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8192

Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Man Baraka. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98

Siahaan, L., Agus Kurniawan, D., & Deswalman. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Ditinjau dari Perspektif Guru. E-Proceeding SENRIABDI 2021, 1(1), 107–113. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Senriabdi

Subagiyo, S. (2019). Penerapan Model Blended Learning untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Termokimia Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 1(1), 1. https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.1.3830

Sude, S. P., Sari, M., & Deswita, P. (2023). Validity And Practicality Of Blended Learning-Based Physics E-Modules Using Facebook On Students ’ Concept. 836–847.

Sugiyono. (2011). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. Diffraction, 1(1), 22–33. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i1.806

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Susanto, I., & Daya, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Melalui Model Pembelajaran Langsung Berbasis Konsep Merdeka Belajar Siswa Di Kelas X Tkr Semester Ganjil Smk Swasta Teknik Dairi Sidikalang T.P 2021/2022). Jurnal Darma Agung, 30(1), 59. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1410

Umni, Alwiyah. Andi, Faridah Arsal. Sitti, R. (2023). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Gallery Walk di SMP Negeri 18 Makassar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 54–61.

Wilhalminah, A. U. R. M. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kels XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Biotek, 5(2), 37–52. https:journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4278.

Wulansari, Wahyu, E., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jamber Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1907–9990).

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445

Zega Priman, J. L., Avan Dachi, Y., & Siboro, A. (2022). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Vektor Di Kelas X Semester I SMA Swasta Kemala Bhayangkari. Jurnal Penelitian Fisikawan, 5(2), 27–38.




DOI: https://doi.org/10.15548/bk.v1i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.