INOVASI PRODUK DAN KEPERCAYAAN NASABAH DALAM TAAWUN ASURANSI SYARIAH TAKAFUL (STUDI PADA AGENCY TAKAFUL SUMATERA BARAT)

MAIDAWATI MAIDAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang inovasi produk pengembalian kepercayaan nasabah polis bebas premi dalam taawun asuransi syariah Takaful. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pimpinan, karyawan dan ahli waris. Data yang didapat diolah dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa FULNADI merupakan hasil dari inovasi produk, sehingga menjadi program yang berbeda serta mejadi produk unggulan Takaful, di mana peserta yang mendapat musibah pada masa perjanjian akan mendapatkan klaim ditambah polis bebas premi kepada anak sebagai ahli waris, polis ini berisikan janji dari Takaful untuk meneruskan polis yang dilaksanakan orang tua, diberikan kepada anak yang merupakan ahli waris tanpa membayar premi. serta diberi beasiswa selama empat tahun di perguruan tinggi. Untuk menjamin kepercayaan nasabah, Takaful sebagai asuransi taawun, menepati janjinya, di mana Agency Takaful Sumbar membantu anggota yang dapat musibah untuk mempermudah mendapatkan klaim dan polis bebas premi, serta memonitor sampai klaim cair ke rekening nasabah.

Keywords


Inovasi Produk, Nasabah, Asuransi Syariah, Takaful, Taawun

References


Agustinus, H., & Marbun, S. (2020). Pengaruh Kreativitas, Inovasi dan Review Produk di Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Mephoto_Project. Journal Research of Management (JARMA), 2(1), 58–67. https://doi.org/10.51713/jarma.v2i1.35

Al-Bugha, M. D. (2010). Buku Pintar Transaksi Syariah. PT. Mizan Publika.

Alfathir, S., & Estiasih, T. (2018). INOVASI PENGELOLAAN HAMA KEONG MAS (Pomacea canaliculata LAMARCK) MENJADI PRODUK KERIPIK KEONG MAS POLITA DI CV POLITA NUSANTARA. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 6(1). https://doi.org/10.21776/ub.jpa.2018.006.01.10

Ali, F., Ryu, K., & Hussain, K. (2016). Influence of Experiences on Memories, Satisfaction and Behavioral Intentions: A Study of Creative Tourism. Journal of Travel & Tourism Marketing, 33(1), 85–100. https://doi.org/10.1080/10548408.2015.1038418

Amin, M., Sudarwati, & Maryam, S. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran di Sentra Industri Mebel Desa Sembungan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2), 501–510. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i02.664

Ananda, I. P. S. N., & Jatra, I. M. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6782–6803. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p20

Antonio, M. S. (2010). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Gema Insani Press.

Ario. (2023). Wawancara dengan Salah Satu Peserta pada Agency Takaful Sumbar [Personal communication].

Berlianto, M. P. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Industri Kecantikan. Journal of Management and Business Review, 15(2), 260–275. http://dx.doi.org/10.34149/JMBR.V15I2.143

Dahmiri, Bhayangkari, Ylvia K. W., & Khalik, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 434–438. http://dx.doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.401

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia.

Defi, S. K., Harahap, N., Rahmat, M., & Tumanggor, M. B. (2022). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Sapu Lidi dan Sapu Ijuk di Kecamatan Tanjung Morawa. M&B: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 195–207. https://doi.org/10.36490/jmdb.v1i1.354

Dewi, G. (2019). Aspek-aspek Hukum dalam Perbankan & Perasuransian Syariah di Indonesia (6th ed.). Prenadamedia Group.

Dida, S., Subekti, P., Lukman, S., & Dewi, R. (2017). Corporate Public Relation. UNPAD Pres. http://prodihumas.fikom.unpad.ac.id/ wp-content/uploads/2017/11/BukuCorporate-PR.pdf

Effendi, A. (2016). ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA (Studi Tentang Peluang ke Depan Industri Asuransi Syariah). Wahana Akademika, 3(2), 71–92. http://dx.doi.org/10.21580/wa.v3i2.1145

Ellitan, L. (2006). Strategi Inovasi dan Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia: Pendekatan Model Simultan dan Model Sekuensial. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 1–22. https://doi.org/10.28932/jmm.v6i1.221

Emtiwarni. (2023). Wawancara dengan Pimpinan Takaful Keluarga Agency Takaful Sumbar [Personal communication].

Fatoki, O. (2012). The Impact of Entrepreneurial Orientation on Access to Debt Finance and Performance of Small and Medium Enterprises in South Africa. Journal of Social Sciences, 32(2), 121–131. https://doi.org/10.1080/09718923.2012.11893058

Finira, D. C., & Yuliati, L. (2013). Nilai dan Pengaruhnya terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga dalam Pembelian Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 6(3), 180–189. https://doi.org/10.24156/jikk.2013.6.3.180

Fitri, S., & Arifin, M. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Nilai Pertanggungan Risiko Polis Fulnadi pada Asuransi Takaful Keluarga Banda Aceh. Share: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(2), 188–214. http://dx.doi.org/10.22373/share.v2i2.1498

Fitria, T. N. (2015). Perkembangan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(2), 75–87. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v1i02.30

Geetika, & Nandan, S. (2010). Determinants of Customer Satisfaction on Service Quality: A Study of Railway Platforms in India. Journal of Public Transportation, 13(1), 97–113. https://doi.org/10.5038/2375-0901.13.1.6

Goetsch, D. L., & Davis, S. M. (1994). Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competitiveness (Merrill’s international series in engineering technology). Prentice Hall International Inc.

Hakim, M. A. (2012). Analisis Aplikasi Akad Tabarru’ dalam Asuransi Syariah: Studi Kasus pada AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Kudus. 3(2), 231–249. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v3i2.231-249

Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 4(2), 9–17. https://doi.org/10.20473/jmtt.v4i2.2415

Hurley, R. F., & Hult, G. T. M. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing, 62(3), 42–54. https://doi.org/10.2307/1251742

Husnan, S., & Pujiastuti, E. (2015). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (6th ed.). UPP STIM TKPN.

Iqbal, M. (2005). Asuransi Umum Syariah dalam Praktik: Upaya Menghilangkan Gharar, Maisir dan Riba. Gema Insani Press.

Irawan, B. R. (2015). Dampak Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Peluncuran Produk Baru dalam Industri Rokok). AGORA, 3(1), 127–137.

Irawati, S. (2006). Manajemen Keuangan. Pustaka Utama Grafiti.

Ismanto, K. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Asuransi Syari’ah. Jurnal Hukum Islam IAIN Pekalongan, 14(1), 17–29. https://doi.org/10.28918/jhi.v0i0.656

Iwu, C. G. (2010). Impact of Product Development and Innovation on Market Share. African Journal of Business Management, 4(13), 2659–2667. https://doi.org/10.5897/AJBM.9000333

Jahanshahi, A. A., Khaksar, S. M. S., Mirdamadi, S. A., & Nawaser, K. (2011). Study of the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7), 253–260.

Kiyani, T. M., Niazi, M. R. U. K., Rizvi, R. A., & Khan, I. (2012). The Relationship Between Brand Trust, Customer Satisfaction and Customer Loyalty. (Evidence from Automobile Sector of Pakistan). Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business (IJCRB), 4(1), 489–502.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing (13th ed.). Pearson Education.

Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. SalembaEmpat.

Mapuna, H. D. (2019). Asuransi Jiwa Syariah; Konsep dan Sistem Operasionalnya. Al-Risalah : Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum, 19(1), 159–166. https://doi.org/10.24252/al-risalah.v19i1.9976

Markoni. (2011). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi ke-VI, 59–70.

Muhammad. (2020). Bank Syariah: Analisis Kekuatan, Peluang, dan Ancaman. Ekonisia.

Musfiroh, M. F. S. (2015). Asuransi Syariah Sebagai Instrumen Investasi. SYARIATI : Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 1(1), 97–108. https://doi.org/10.32699/syariati.v1i01.1103

Prakoso, B. (2005). PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Empiris pada Industri Manufaktur di Semarang). Jumal Studi Manajemen & Organisasi (JSMO), 2(1), 35–57.

R., M. A., Mardalena, E., & Mutazakki, M. F. (2022). Pengaruh Lokasi Usaha dan Inovasi terhadap Keberhasilan Usaha pada Usaha Kuliner Pecel Lele di Kecamatan Baturaja Timur. Jurnal Ilmiah Ekonomika, 15(2), 262–280.

Rahmawati, L., Sholikhah, F., Muslimah, H., Amalia, I. R., & Maghfiroh, L. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Nasabah pada Asuransi Syariah PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Surabaya. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan, 5(2), 30–43. https://doi.org/10.33650/profit.v5i2.3201

Rahmayanty, N. (2010). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.

Resyananda, I. P. G. R., & Mandala, K. (2022). Inovasi Produk dalam Memediasi Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pasar Industri Kain Songket di Kabupaten Jembrana. E-Jurnal Manajemen, 11(8), 1525–1549. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i08.p05

Sandra, F. (2019). Hubungan Budaya Inovasi, Inovasi Produk, Inovasi Proses dengan Kinerja Perusahaan pada Industri Kerajinan di Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Bukittinggi [Skripsi, Universitas Andalas]. http://scholar.unand.ac.id/42791/5/Tugas%20Akhir%20full%20text.pdf

Srinivas, S., & Bell, K. C. (2015). A Review of Indonesian Land-based Sectors with Particular Reference to Land Governance and Political Economy. 1–15. https://www.researchgate.net/publication/327111629_A_Review_of_Indonesian_Land-based_Sectors_with_Particular_Reference_to_Land_Governance_and_Political_Economy

Srinivasan, S. S., Anderson, R., & Ponnavolu, K. (2002). Customer Loyalty in E-Commerce: An Exploration of Its Antecedents and Consequences. Journal of Retailing, 78(1), 41–50. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(01)00065-3

Suhartini. (2012). Analisa Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Perusahaan. Matrik : Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 12(2), 82–87. http://dx.doi.org/10.30587/matrik.v12i2.3941

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah (Life and General) = Konsep dan Sistem Operasional. Gema Insani Press.

Sumarwan, U. (2008). Inovasi Produk, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen Sebagai Penentu Pertumbuhan Perusahaan. AGRIMEDIA : Majalah Agribisnis, Manajemen, Dan Teknologi, 13(1), 48-52A.

Wiryawan, I. P. G. H., & Seminari, N. K. (2022). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen, 11(6), 1090–1109. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02

Yulianto, D., & Jauhari, T. (2019). Strategi Menumbuhkan Minat Masyarakat pada Asuransi Jiwa Syari’ah. Bina’ al-Ummah, 14(1), 71–84. http://dx.doi.org/10.24042/bu.v14i1.4899

Yunevy, E. F. T., & Haksama, S. (2013). Analisis Kepuasan Berdasarkan Persepsi dan Harapan Pasien di Puskesmas Medokan Ayu Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(1), 9–20.

Zeithmal, V. A., & Bitner, M. J. (2006). Service Marketing (4th ed.). McGraw Hill, International Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.15548/jebi.v8i2.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats