PENERAPAN METODE BENEFIT PRORATE CONSTANT PERCENT OF SALARY GUNA MENENTUKAN IURAN NORMAL THT

Reihani Jemila Nurbai, Miftahul Jannah, Ilham Dangu Rianjaya

Abstract


Tabungan Hari Tua (THT) sangat diperlukan oleh Pegawai Negeri Sipil untuk menghadapi risiko yang akan terjadi saat sudah pensiun demi menunjang kesejahteraan hidup di hari tua. Dari program asuransi Tabungan Hari Tua peserta akan mendapatkan sejumlah manfaat THT yang dibayarkan pada saat peserta memasuki Batas Usia Pensiun (BPU). Tentu saja untuk memperoleh manfaat THT, peserta diwajibkan membayar Iuran Normal (NC) setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengalisis dan menentukan besarnya Iuran Normal (NC) dan kewajiban aktuaria (AL) yang harus dibayarkan oleh peserta THT kepada PT Taspen. Perhitungan Iuran Normal dilakukan dengan Metode Benefit Prorate Constant Percent of Salary. Pada metode ini perhitungan nilai sekarang dari manfaat THT ditentukan berdasarkan gaji peserta progam THT mulai dari saat pertama kali masuk kerja hingga usia pensiun. Selain gaji, masa kerja juga dipertimbangkan dalam perhitungan kewajiban aktuaria THT tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari PT Taspen (Persero) KC Padang. Dari hasil analisis dan perhitungan yang dilakukan menggunakan metode Benefit Prorate Constant Percent of Salary, yang mempengaruhi besarnya Iuran Normal dan manfaat THT adalah besar gaji pokok peserta dan lama masa kerja. Dilihat dari faktor usia, semakin tua usia peserta program THT, maka besarnya Iuran Normal yang harus dibayar setiap tahunnya juga akan semakin besar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v4i2.4983
Abstract views : 230 times
PDF : 93 times

References


“Pt. Taspen (Persero).” Https://Www.Taspen.Co.Id/

R. I. Sari Dan N. Satyahadewi, “Penerapan Metode Cost Prorate Tipe Constant Percent Untuk Perhitungan Nilai Kewajiban Aktuaria Dana Pensiun”.

R. N. R. Setyo Wira Rizki Neva Satyahadewi, “Perhitungan Dana Pensiun Dengan Metode Traditional Unit Credit (Tuc) Pada Tingkat Suku Bunga Konstan Dan Model Vasicek (Studi Kasus: Guru Honorer Kemenag Di Kecamatan Kapuas),” Bimaster, Vol. 9, No. 4, Jul 2020, Doi: 10.26418/Bbimst.V9i4.43318.

P. R. D. Achmad, R. Marwati, Dan F. Agustina, “Metode Constant Percent Of Salary Dalam Menentukan Benefit Dan Iuran Normal Program Pensiun Normal Dan Dipercepat”.

Miftahul Jannah, “Metode Constant Dollar Untuk Asuransi Dana Pensiun Normal Pada Status Gabungan.” 2012.

T. Futami, Matematika Asuransi Jiwa Bagian 1. 1993.

Y. Andriani, “Perhitungan Dana Pensiun Untuk Pensiun Normal Berdasarkan Metode Constant Dollar ; Studi Kasus: Pt. Taspen Palembang”.

Pt. Taspen, “Data Peserta Program Tabungan Hari Tua Bulan Juli 2022,” 2022.

Winklevoss, H. E., Ph.D., MAAA, EA. “Pension Mathematics With Numerical Illustrations Second Edition”..

Rajak, M. N. A., Nasution, Y. N., Rizki, N. A. Penentuan Besaran Premi Asuransi Jiwa dengan Model Apportionable Fractional Premiuns Berdasarkan Tabel Mortalita dengan Metode Interpolasi Kostaki. Jurnal Eksponensial Volume 9, Nomor 1. (2018).

Wahyuni, F..”Prosedur Penyusunan Anggaran Kas dan Perencanaan Arus Kas pada PT. Taspen (Persero) Padang”. (2011)

Islam, M. E. N., Wilandari, Y., Suparti. Perhitungan Pembiayaan Dana Pensiun dengan Metode Attained Age Normal dan Projected Unit Credit (Studi Kasus: PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama Semarang)”. (2016).

Syahrini, I., Nurmaulidar, N., Maulidi, I., & Alfira, M. “Aplikasi Metode Entry Age Normal dan Projected Unit Credit untuk Iuran Normal dan Kewajiban Aktuaria pada Dana Pensiun PNS”. (2020).

Utami, A. H. B., Wilandari, Y., & Wuryandari, T. “Penggunaan Metode Projected Unit Credit dan Entry Age Normal dalam Pembiayaan Pensiun”. (2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.