PERHITUNGAN PREMI LANJUTAN (RENEWAL PREMIUM) PADA ASURANSI KESEHATAN KUMPULAN MENGGUNAKAN METODE EXPERIENCE RATING DI PT ABC

Putri Rumondang Clarissa, Yulial Hikmah, Ira Rosianal Hikmah

Abstract


Asuransi Kesehatan merupakan suatu perlindungan keuangan untuk memberikan jaminan atas biaya pengobatan dan perawatan medis yang dibutuhkan seseorang ketika sakit. Asuransi Kesehatan dibagi menjadi dua kategori, yaitu Asuransi Kesehatan Individu dan Asuransi Kesehatan Kumpulan. Asuransi Kesehatan Kumpulan ditujukan untuk para karyawan dengan Perusahaan Pemberi Kerja sebagai pemegang polisnya. Pada umumnya, Asuransi Kesehatan Kumpulan memiliki kontrak polis yang berjangka satu tahun, dimana ketika polis tersebut sudah berakhir, maka akan dilakukan evaluasi ulang untuk menentukan premi lanjutan (renewal premium). Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk menetapkan tarif premi lanjutan pada Asuransi Kesehatan Kumpulan, diantaranya manual rating, experience rating, dan blended rating. Umumnya, perusahaan asuransi menggunakan metode experience rating untuk menghitung premi lanjutan karena metode ini menggunakan data pengalaman klaim dan biaya-biaya yang terjadi di masa lalu. Pada penelitian ini dijelaskan bagaimana proses perhitungan premi lanjutan menggunakan metode experience rating dengan loss ratio. Hasil menunjukkan bahwa proses perhitungan dapat dilakukan dengan empat tahap, yaitu: menghitung loss ratio, menghitung permissible loss ratio, menghitung gross rate, dan terakhir menghitung premi lanjutan (renewal premium). Berdasarkan studi kasus di PT ABC, akan diberikan dua kemungkinan dalam penentuan besar premi lanjutan. Kemungkinan pertama yaitu besar premi lanjutan akan naik (meningkat) dari premi awal. Sementara, kemungkinan keduanya yaitu besar premi lanjutan akan tetap sama pada premi awal sebelumnya. Semakin tinggi besar klaim daripada besar premi pada suatu polis, maka akan semakin tinggi juga kemungkinan premi lanjutan (renewal premium) pada polis tersebut.


Keywords


Asuransi Kesehatan Kumpulan; Premi lanjutan; Experience rating;

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/map.v6i1.8556
Abstract views : 7 times
PDF : 1 times

References


Mercer Marsh Benefit (MMB), “Mercer Marsh Benefit Health Trends 2024,” 2023.

A. Jayadie, Pembiayaan Kesehatan. Bandung: Media Sains Indonesia, 2023.

A. Budiar, “Penerapan Teori Kredibilitas dalam Strategi Penetapan Premi Asuransi Kesehatan,” Universitas Gajah Mada, 2020.

D. L. J. Harriett E. and Long, Principles of insurance: Life, health, and annuities., 2nd ed. FLMI Insurance Education Program, Life Management Institute LOMA, 2005.

M. Anggraini, “Kredibilitas pengalaman klaim asuransi kesehatan kelompok : studi kasus Pada PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia,” Universitas Indonesia, 2000.

C. Fuhrer, “A Practical Approach to Assigning Credibility for Group Medical Insurance Pricing,” 2015.

A. Budy, “Analisis penetapan premi asuransi jiwa kartu kredit kumpulan dengan metode loss ratio dan blended rating: studi kasus pada perbankan ABC = Analysis of credit card group life insurance premium price using loss ratio method and blended rating method: case s,” Universitas Indonesia, 2021.

L. Artanti, “Estimasi premi lanjutan asuransi kesehatan kumpulan dengan metode loss ratio : studi kasus PT Asurnasi Jiwa All,” Universitas Indonesia, 2003.

K. Black Jr., H. Skipper, and K. Black III, Life Insurance, 15th ed. Atlanta: Lucretian, LLC.

Munadi and Sunarsih, “ASURANSI KESEHATAN KUMPULAN UNTUK PERAWATAN RUMAH SAKIT,” J. Mat., vol. 12, no. 2, 2009.

Y. Hikmah and I. R. Hikmah, “Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna Dibayarkan pada Akhir Tahun Kematian dengan Menggunakan Package Perangkat Lunak R,” J. Vokasi Indones., vol. 8, no. 2, 2020.

P. Junadi, Asuransi Biaya Medis. Depok: Kerjasama antara Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM UI dan PT (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia., 2000.

R. W. Brown and W. S. Lennox, Introduction to Ratemaking and Loss Reserving for Property and Casualty Insurance. Winsted: ACTEX Publications, Inc, 2015.

T. A. Community, Loss Data Analytics. 2020.

M. Borogovac, “Comparison of the Standard Rating Methods and the New General Rating Formula,” in Actuarial Research Conference 2013, Philadelphia: Society of Actuaries, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commonsis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.