Beragama Dalam Bingkai Media Sosial: Analisis Semiotika John Fiske Pada Akun Instagram @Hijrahsantun
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk manganalisis semiotik postingan islami pada akun instagram @hijrahsantun. Studi ini dalam bentuk penelitian dokumentasi terhadap postingan gambar dan narasi serta komentar netizen. Data dalam studi ini dikumpulkan melalui screenshoot secara acak dan mengarah pada motivasi hijrah serta pesan-pesan islami. Selain itu data berupa buku jurnal dan studi rerlevan turut memperkaya. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan content analysis kualitatif dengan metode naratif terkait teks dari postingan. Studi ini menemukan pertama, pada level realitas adanya kemampuan pemilik akun hijrah santun dalam penyelarasan antara pesan dakwah dengan pengambilan background. Kedua postingan dari akun hijrah santun merepresentasikan persoalan keagamaan yang dianggap sepele sehingga bagi pembaca dijadikan sebagai pesan-pesan pengingat keagamaan, John Fiske menyebut tahap representasi. Ketiga, adanya transmisi ideologi keagamaan yang mengajak pembaca untuk hijrah. Maka dari itu bagi pemilik akun, media sosial menjadi wadah dakwah serta transmisi ideologi sementara bagi pengguna, postingan pada akun @hijrah santun dijadikan sebagai pengingat nilai ibadah normatif.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/al-adyan.v3i2.4774
Abstract views : 1107 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 209 times
References
Afina, A. (2019). Hijrah Sebagai Komodifikasi Agama. Hijrah Artis Sebagai Komodifikasi Agama, 13 No. 2(333), 331–350.
Ahern, T. C. (2016). A Waterfall Design Strategy for Using Social Media for Instruction. Journal of Educational Technology Systems, 44(3), 332–345. https://doi.org/10.1177/0047239515615853
APJJI. (2020). Di Balik Tren Edge Data Center di Indonesia. Buletin APJII, 91, 25–31. https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI91Juli2021.pdf
Arrobbaniyah, H. (2014). Bentuk dan Makna Sorban di Indonesia. 1–20.
Astuti, Y. D. (2018). Kontruksi Perempuan dalam Media Baru: Analisis Semiotik Meme Ibu-Ibu Naik Motor di Media Sosial. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 10(2), 225. https://doi.org/10.21043/palastren.v10i2.2679
Bevarlia, A., & Christin, M. (2018). REPRESENTASI INDIVIDUALISME (Analisis Semiotika John Fiske Dalam Drama School 2017) REPRESENTATION OF INDIVIDUALISM (John Fiske Semiotic Analysis in School 2017 Drama). E-Proceding Management, 5(1), 1511–1520. https://tirto.id/drama-korea-hidup-saya-cmbE,
Fatimah, R. N. (2018). Keberagamaan dan pola pendidikan agama anak jalanan: studi kasus di Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah. Thesis. http://eprints.walisongo.ac.id/8432/%0Ahttp://eprints.walisongo.ac.id/8432/1/1500118040_Tesis.pdf
Herlina, L. (2018). Disintegrasi Sosial Dalam Konten Media Sosial Facebook. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 1(2), 232–258. https://doi.org/10.15575/jt.v1i2.3046
Hew, W. W. (2018). THE ART OF DAKWAH: social media, visual persuasion and the Islamist propagation of Felix Siauw. Indonesia and the Malay World, 46(134), 61–79. https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1416757
Ismail, I., & Fahmi, F. (2017). Internalisasi Sikap Keberagamaan Sejak Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1473
Kamarulzaman, Y., Veeck, A., Mumuni, A. G., Luqmani, M., & Quraeshi, Z. A. (2016). Religion, Markets, and Digital Media: Seeking Halal Food in the U.S. Journal of Macromarketing, 36(4), 400–411. https://doi.org/10.1177/0276146715622243
Kavakci, E., & Kraeplin, C. R. (2017). Religious beings in fashionable bodies: the online identity construction of hijabi social media personalities. Media, Culture and Society, 39(6), 850–868. https://doi.org/10.1177/0163443716679031
Kimmons, R., McGuire, K., Stauffer, M., Jones, J. E., Gregson, M., & Austin, M. (2017). Religious Identity, Expression, and Civility in Social Media: Results of Data Mining Latter-Day Saint Twitter Accounts. Journal for the Scientific Study of Religion, 56(3), 637–657. https://doi.org/10.1111/jssr.12358
Kyuhoon Cho. (2017). Religion in the Press : The Construction of Religion in the Korean News Media. Journal of Korean Religions, 8(2), 61–89.
Lim, F. K. G., & Sng, B. B. (2020). Social media, religion and shifting boundaries in globalizing China. Global Media and China, 5(3), 261–274. https://doi.org/10.1177/2059436420923169
Meiranti, M. (2019). Fenomena Hijrah Di Era Milenial Dalam Media Sosial. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 148. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v3i2.1350
Mishol-Shauli, N., & Golan, O. (2019). Mediatizing the holy community—ultra-orthodoxy negotiation and presentation on public social-media. Religions, 10(7). https://doi.org/10.3390/rel10070438
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotics In Research Method of Communication. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa, 16(1), 73–82. https://media.neliti.com/media/publications/222421-semiotics-in-research-method-of-communic.pdf
Musahadah, Z. S., & Triyono, S. (2019). Fenomena Hijrah Di Indonesia: Konten Persuasif Dalam Instagram. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 117. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.7874
Nasrullah, R., & Rustandi, D. (2016). Meme dan Islam: Simulakra Bahasa Agama di Media Sosial. Ilmu Dakwah: Academic Journal For Homiletic Studies, 10(1), 113–128.
Nur, S., & Abdullah, A. (2020). FRAME HIJRAH MILLENIAL DI MEDIA SOSIAL ( Telaah Makna Hadis Tentang Hijrah ). Al-Tadabbur: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban Dan Agama, 6(2), 237–246.
Pandya, S. P. (2019). Facebook and Yoga: Gurus, New Age, and Spirituality through Social Media. Journal of Religion, Media and Digital Culture, 8(2), 246–275. https://doi.org/10.1163/21659214-00802004
Pramiyanti, A. (2019). Being Me on Instagram: How Indonesian Hijabers Reframed The Nexus of Piety and Modernity. Queensland University of Technology.
Purwanto, Y., & Khoiri, S. (2016). STUDI AGAMA & ETIKA ISLAM DAN KEBERAGAMAAN MAHASISWA “Z” GENERATION: Kajian di Lingkungan Kampus ITB Bandung. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24(2), 423. https://doi.org/10.21580/ws.24.2.1182
Putri, K., Unde, A., & Nadjib, M. (2015). Semiotika Pesan Instagram Ani Yudhoyono dalam Perspektif Etika Komunikasi. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(1), 19–26.
Said Aqil Siroj. (2006). Tasawuf Sebagai Kritik Sosial, Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi bukan Aspirasi. PT Mizan Pustaka.
Saifuddin Zuhri Qudsy Irwan Abdullah, M. P. (2021). S Aifuddin Z Uhri Q Udsy I Rwan a Bdullah. 20(60), 92–114.
Saleh, K. (2013). Penciptaan Suasana Religius Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Samarinda. Fenomena, V(1), 19–35. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/fenomena/article/view/226
Scott, N. E., The, S., Museum, M., & Oct, N. (2005). The Metropolitan Museum of Art. Choice Reviews Online, 42(12), 42Sup-0045-42Sup – 0045. https://doi.org/10.5860/choice.42sup-0045
Solahudin, D., & Fakhruroji, M. (2020). Internet and islamic learning practices in Indonesia: Social media, religious populism, and religious authority. Religions, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.3390/rel11010019
Syarif, S. (2019). Memahami Hijrah Dalam Realitas Alquran Dan Hadis Nabi Muhammad. Jurnal Living Hadis, 4(2), 277. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2019.2021
Trysnes, I., & Synnes, R. M. (2022). The Role of Religion in Young Muslims’ and Christians’ Self-presentation on Social Media. Young, 30(3), 281–296. https://doi.org/10.1177/11033088211063368
Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 03(02), 339–356.
Wijayanti, I. G. A. N. (2021). Analisis Semiotika Pada Media Sosial Meme “ Designer ’ S Life ”. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 4 (April), 301–308. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/590/365
Zahara, M. N., Wildan, D., & Komariah, S. (2020). Gerakan Hijrah: Pencarian Identitas Untuk Muslim Milenial di Era Digital. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i1.21
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Al-Adyan: Journal of Religious Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Departement Religious Studies of The Faculty Ushuluddin and Religious Studies State Islamic University Imam Bonjol Padang
Jl. M. Yunus No. 1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat 25153
E-mail: al-adyan@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.