STRATEGI PENGEMBANGAN AGRO KOPERASI ALKO DALAM BISNIS KOPI (Studi Kasus Koperasi ALKO Kayu Aro)

Fegid Dian Putra, Aidil Novia, Hulwati Hulwati

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk  mengetahui dan menganalisis apa saja faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan kopi dan untuk mengetahui dan menganalisis strategi manakah yang paling efektif dan tepat dalam menghadapi tantangan Internal maupun eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap situasi sosial yang diteliti. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaksimalkan kekuatan, peluang, juga meminimalkan ancaman dan kelemahan. Sumber data yang digunakan dalam penelititan ini adalah dataprimer dan data sekunder. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kopi pada koperasi ALKO yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman. Berdasarkan analisis SWOT strategi yang diperoleh untuk mendukung perkembangan dari Koperasi ALKO yaitu berupa Strategi (SO)

Keywords


Strategi pengembangan, Agro Koperasi, Bisnis Kopi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alahkam.v13i2.4750
Abstract views : 147 times
PDF : 172 times

References


Burhanuddin, C. I & Abdi, M. N. (2020). Ancaman Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona ( Covid-19), Jurnal Stienobel, Vol. 17(1) : hal. 92

Bps. (2020). Kerinci Dalam Angka Tahun 2020. (http://kerincikab.bps.go.id) Diakses Tanggal 11 Agustus 2020

Daerah Berbasis Klaster Di Kota Malang, Vol. 5(1) : hal. 90

Direktorat Jendral Perkebunan. (2020). Statistik perkebunan Indonesia2018-2020, (www.dirjenbun.pertanian.go.id). Diakses tanggal 11 Agustus 2020

Dokumentasi Alko. (2021)

Fahmi Irham. (2013). Manajemen Strategi Teori dan Aplikasi. Bandung : ALFABETA

Husni. M. (2009). Manajemen Strategi, DIPA STAIN Kudus, Kudus

https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/karakter-kopi-kerinci/

James C. C., & Robert M. G. (2002). Strategic Management, Jakarta: Elex Media Cumputindo, hal. 4

Jujur TN, & Sitanggung, (2013). Pengembangan potensi kopi sebagai komoditas unggulan kawasan agropolitan Kabupaten Dairi, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1(6) : hal. 34-35

Kotler. P. (1998). Manajemen Pemasaran Analisis, perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jakarta : Erlangga

Kolter. P & Keller. K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks

Mgs.H. Nazaruddin. (2020). Manajemen Strategik, hal. 2-3

Nova, Direktur Alko, Wawancara, 6 Februari 2021

Nurdiansya. H., & Rahman. R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif, hal. 22

Oktaviana. R. V., dkk. (2013). Strategi Pengembangan Primer Koperasi, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1(2) : hal. 259

Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. (2016). hal. 5

Pradinata. J., (2017). Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kopi Aaa, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 8(2) : hal. 169

Rahmadianto. A. P., dkk. (2019). Peran Pengembangan Perkebunan Kopi Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat, Jurnal Geografi Gea, Vol. 9(2), : hal. 84

Rahim. A. R., & Radjab. E. (2016). Manajemen Strategi, ( Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2016), hal. 5

Sandriana. N., Abdul. H., & Choirul. S. (2015). Strategi Pengembangan Produk Unggulan

Soemitra. A. (2016). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta : Kencana, cet-6

Suandi., Dompak. N., & Endy. E. (2020). The Role Of Coffee Plantation In The Kerinci Regency Regional’s Economy, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol. 14(3) : hal. 500

Sudjana. (2000). Strategi Pembelajaran. Bandung : Falah Production, hal. 5

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Alfabeta Bandung

Taufiqurokhman. (2016). Manajemen Strategik, (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. hal. 31

Tripomo. T., & Udan, Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, bandung

Yani Subaktilah dkk. (2018). Analisis Swot: Faktor Internal Dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus Di Ukm Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso), Jurnal Agroteknologi, Vol. 12(2) : hal. 108


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fegid Dian Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office: Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153