BAZNAS SUMATERA BARAT : IMPLEMENTASI REGULASI ZAKAT DAN RELEVANSINYA DENGAN KEPERCAYAAN MUZAKKI

Thomas Febria, Heriyanto Heriyanto

Abstract


Abstrak :          Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi pengaturan pengelolaan zakat oleh lembaga pengelola zakat yakni Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sumatera Barat dan relevansinya dengan kepercayaan muzakki (orang yang berzakat). Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat menegaskan bahwa upaya pengelolaan zakat dimandatkan kepada lembaga yang disebut  BAZNAS. BAZNAS adalah lembaga pemerintah non struktural yang melakukan tugas pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat secara nasional. Fungsi utamanya adalah sebagai eksekutor (operasional) dalam mengelola dana zakat. Sebagai sebuah lembaga filantropi, tentunya BAZNAS mempunyai patron dan pedoman yang mesti diikuti, baik dalam pengumpulan, pendistribusian, maupun pendayagunaan zakat.

Sehubungan dengan hal di atas, penulis mendalami dua persoalan utama dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana implementasi pengaturan pengelolaan zakat pada BAZNAS Sumatera Barat; dan bagaimana kaitannya antara implementasi pengaturan pengelolaan zakat dengan kepercayaan muzakki. Untuk menjawab dua persoalan utama ini, penulis menggunakan paradigma penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif-analitis. Dengan keterlibatan langsung penulis dalam latar penelitian—karena peneliti merupakan alat pengumpulan data utama—serta melakukan interview secara mendalam, dan pemeriksaan keabsahan data dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat, maka diperoleh hasil penelitian yang merupakan jawaban dari persoalan utama tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Sumatera Barat telah mengimplementasikan peraturan perundang-undangan zakat dalam pengelolaan zakat, mulai dari rekrutmen pengurus, pengelolaan, sampai kepada manajemen pendistribusian. Profesionalitas pengurus dalam mengimplementasikan peraturan ke dalam pengelolaan zakat telah mampu meningkatkan kepercayaan muzakki secara signifikan sehingga terjadi peningkatan kuantitas pengumpulan zakat secara tajam dari tahun ke tahun.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pengaturan Pengelolaan Zakat, Kepercayaan Muzakki


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alahkam.v13i2.4760
Abstract views : 170 times
PDF : 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Thomas Febria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Editorial Office: Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Alamat: Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang - Pascasarjana, Jalan Jenderal Sudirman No.15, Padang Pasir, Padang Barat, Kp. Jao, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat 25153