GERAKAN NEO-REVIVALISME ISLAM

Jamaldi Jamaldi

Abstract


Gerakan neo-revivalisme Islam merupakan gerakan yang dilakukan oleh kaum modernis muslim dalam rangka mempersatukan dan memperkokoh masyarakat muslim. melalui upaya pembaharuan iman dan proses reinterpretasi warisan peradaban Islam masa lalu ke dalam dunia kontemporer. Kemunculan gerakan ini merupakan sebagai jawaban dari kondisi realitas dan modernitas di bawah pengaruh dominasi budaya Barat. Adapun karakteristik gerakan neo-revivalisme Islam ini pertama, menyoroti kondisi internal masyarakat Islam yang tidak terorgnisir secara sosio-politik. Kedua, upaya membuka kembali gaung pintu ijtihad dan berpegang teguh pada prinsip pokok ajaran Islam serta ketiga, pemurnian aqidah pokok Islam dari pengaruh faham yang merusak. Gerakan neo-revivalisme Islam di Pakistan oleh  Abu A’la al-Maududi dalam organisasi “Jama’at al-Islami”, Hasan al-Banna melalui organisasi Ikhwanul Muslimin muncul di Mesir.

 

Kata Kunci : Neo-revivalisme Islam, pembaharuan, pemurnian, tradisionalis konservatif


Keywords


Neo-revivalisme Islam, pembaharuan, pemurnian, tradisionalis konservatif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/ja.v11i2.1417
Abstract views : 5676 times
PDF : 3849 times

References


Azra, Azyumardi, Pergolakan Politik Islam, Dari Fundmentalisme, Modernisme Hingga Post-Modernisme, Jakarta, Paramadina, 1996, Cet. Ke-1.

Azra, Azyumardi, Islam Reformis : Dinamika Inteletual dan Gerakan. Jakarta: Rajawali Press 1999. Cet. Ke-1.

Amal, Taufik Adnan, Islam dan Tantangan Modernitas, Studi Atas Pemikiran Hukum Fazlur Rahman. Bandung: Mizan, 1989. Cet. Ke-1.

Burrel, R.M, Islamic Fun damentelism, Edisi Indonesia, Fundamentalis Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995. Cet.I.

Donohue John J. dan John L. Esposito, Islam In transition:

Muslim Pervectives, Terj, Machnun Husain dengan judul ”Islam dan Pembaharuan, Ensiklopedi Maslah-masalah” Jakarta: Raja Grapindo Persada, 1993, Cet. Ke-3.

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris- Indonesia, Jakarta: Gramedia, 1983, cet. Ke-12.

Espito, John L, The Islamic Threat: Myth or Reality, Terjemahan, Alwiyah Abd. Rahman dan MISSI, dengan judul : Ancaman Islam Mitos Atau Realitas?, Bandung : Mizan, 1994, cet. I.

Esposito, John L. (ed) Islam and Development Religion and Sosio-Political Change, penerjemah, A.Rahman. Z, dengan judul : Identitas Islam Pada Perubahan Sosial Politik. Jakarta: Bulan Bintang, 1986. Cet. Ke-1.

Jr, Arthur, A ConciseHistory of Middles East. Boulder : Westview Press, 1991.

Ma’arif, A. Syafi’i Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesia. Bandung: Mizan, 1993. Cet. Ke-1.

Al-Maududi, Abu A’la, The Islamic Law Contitution, Terjemahan, Asep Hikmat, dengan judul: Hukum dan Konstitusi Sistem Politik Islam. Bandung: Mizan, 1995. Cet.IV.

Nasr, Sayyed Hosein, A Young Moslem’s Guide to The Modern Word, Kazi Publications, Inc, Chicago : 1993. Cet. Ke-1.

Nasution, Harun dan Azyumardi Azra, (ed), Perkembangan Modern Dalam Islam. Jakarta: Yayasan Obor, 1985, Cet. Ke-1.

Rahman, Fazlur, Revival and Reform in Islam”, dalam P.M. Holt, Ann K.S. Lambton dan Benard Lewis, The Cambrige and Civilization, jilid 2, Cambridge: Cambridge University Press, 1970.

Rifyal. Ka’bah dan Busthami M.Said, Reaktualisasi Ajaran Islam, Pembaharuan Agama Visi Modernis dan Pembaharuan Agama Visi Salaf, Jakarta : Minaret, 1979, Cet.I.

Voll, John O, Pembaharuan dan perubahan dalam Sejarah Islam: Tajdid dan Islah dalam John L. Esposito, (ed.), Voices of Resurgent Islam, edisi Indonesia : Dinamika Kebagunan Islam: Watak, Proses dan Tantangan, Jakarta: Rajawali Press, 1987, Cet. Ke-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faklutas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kel.Anduring. 
Kec.Kuranji, Kota Padang, SUMBAR
Tlp/Fax: 
Handphone: 
E-mail: al-aqidah@uinib.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.