VERTIKALITAS HISTORIS SEBAGAI BASIS FILSAFAT SEJARAH DALAM PERSPEKTIF MISTISISME IBNU ARABI

Andri Azis Putra

Abstract


Narasi historis lahir bersamaan dengan perbuatan dan peristiwa sejarah, sehingga juga berhubungan secara langsung dengan keberadaan manusia. Di satu sisi, hubungan langsung dengan manusia ini kemudian menciptakan klaim gerak sejarah horizontal. Sementara di sisi lain, kondisi kemanusiaan justru menjadi rumit disebabkan munculnya kemestian objektif atas gerak yang horizontal itu sendiri. Problema horizontalitas dan objektivitas ini memantik asumsi bahwa gerak vertikalitas diperlukan sebagai pembanding berkorelasi dengan nilai subjektif. Permasalahan ini akan dibahas dari perspektif alur gerak sejarah sebagai bagian dari Filsafat Sejarah, khususnya terhadap aspek spekulatif. Penelitian ini dilakukan tanpa berusahan menafikan bahwa persoalan nilai subjektif dan aspek spekulatif rentan dengan potensi masalah. Oleh karena itu, ajaran mistisisme sebagai sebuah tradisi pemikiran yang tua bercorak spiritual, subjektif, dan terbuka perlu didaulat sebagai pisau analisis utama. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan metode hermeneutis-filosofis berlandaskan atas unsur-unsur metodis deksripsi, kesinambungan historis, induksi-deduksi, bahasa inklusif dan heuristika. Besarnya lingkup pembahasa membuat penelitian ini melibatkan beberapa disiplin keilmuan, seperti ilmu sejarah, ilmu sosial dan politik, aksiologi, dan tasawuf, religiusitas. Penelitian ini menunjukkan bahwa gerak sejarah tidak mungkin horizontal dan objektif. Bahkan objektivitas di dalam sejarah merupakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi karena gerak sejarah haruslah bersifat integral dan universal serta tidak boleh tunduk pada satu dominasi yang bersifat partikular. Mistisisme melalui ide vertikalitas-historis yang digerakkan oleh konsep Ketunggalan mampu menjawab beberapa keraguan utama mengenai arah gerak sejarah. Skema vertikalitas dalam sejarah ini merupakan sintesis atas dialektika yang terbangun di dalam pembahasan alur-alur kajian sejarah. Terutama sekali untuk menutup pintu perdebatan mengenai kepastian gerak sejarah yang selama ini ditekankan kepada eksistensi manusia saja. Vertikalitas-historis menjadi satu poin penting yang dapat juga digunakan sebagai inti dari Filsafat Sejarah mistis.  


Keywords


Filsafat sejarah, vertikalitas-historis, mistisisme, tasawuf, Ibnu Arabi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/ja.v11i1.905
Abstract views : 819 times
PDF : 1631 times

References


Smith, Huston, Beyond The Post-Modern Mind, The Theosophical USA: Publishing House, 1989

........................, Pengantar, Dalam Frithjof Schuon, “Mencari Titik Temu Agama-agama”, Terj. Saafroedin Bahar, Jakarta: YOI, 1987

........................, The Common Vision of the World`s Religions: Forgotten Truth, HarperSanFrancisco: New York, 1976

Nasr, Seyyed Hossein, Knowledge and the Secred, State University of New York Press: Albany. 1981

A.Sabri, Muhammad, Keberagaman Yang Saling Menyapa: Perspektif Filsafat Perennial, ITTIQA Press: Yogyakarta, 1999 Daftar Rujukan

Afifi, A. E, 1989, Filsafat Mistik Ibnu ’Arabi (pen. Sjahrir Mawi dan Nandi Rahman), Gaya Media Pratama, Jakarta.

Almond, Ian, 2004, Sufism and Deconstruction: A Comparative Study of Derrida and Ibn ’Arabi, Routledge, London.

Ankersmit, F. R., 1987, Refleksi tentang Sejarah: Pendapat-pendapat Modern tentang Filsafat Sejarah (pen. Dick Hartoko), Gramedia, Jakarta

Armstrong, Amatullah, 1995, Khasanah Istilah Sufi (pen. MS. Mashrullah dan Ahmad Baiquni. Mizan, Bandung.

Armstrong, Karen. 2013. Sejarah Tuhan: Kisah 4.000 Tahun Pencarian Tuhan Dalam Agama-agama Manusia, Mizan, Bandung.

Chittic, William C., 2001, Dunia Imajinal Ibnu ’Arabi, Kreativitas Imajinai dan Persoalan Diversitas Agama (pen. Achmad Syahid), Risalah Gusti, Surabaya.

Corbin, Henry, 1969, Creative Imagination in the sufism of Ibn ’Arabi (transl. Ralph Manheim), Princeton University Press, Princeton.

Donagan, Alan, Barbara Donagan, 1965, Philosophy of History, Collie-Macmillan Limited, London.

Ellul, Joseph, O. P., Largo Angelicum I Volumen LXXVIII, 2001, 00184 Roma pp. 651-668.

Hegel, G. W. F., 2012, Filsafat Sejarah (pen.Cuk Ananta Wijaya), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hirstenstein, Stephen, 2001, Dari Keragaman ke Kesatuan Wujud: Ajaran dan Kehidupan Spiritual Syaikh Al-Akbar Ibn ’Arabi (pen. Tri Wibowo Budi Santoso), RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Hilal, Ibrahim, 2002, Tasawuf antara Agama dan filsafat: Sebuah Kritik Metodologis, Pustaka Hidayah, Bandung.

Ibnu Arabi, Muhyiddin, 1946, Fusush Al-Hikam (ed. A. E. Afifi), Darul Kutub Al-Arabi, Beirut.

__________________, 1972, Al-Futuhat Al-Makiyyah, Al-Hai’ah Al-Misriah Al-Ammah Lilkitab, Kairo.

__________________, 2015, The Secret of Voyaging: Kitab Al-Isfar 'an Nataij Al-Asfar (trans. Angela Jaffray), Anqa Publishing, Oxford.

Izutsu, Toshihiko, 2003, Relasi Tuhan dan Manusia: Pendekatan Semantik terhadap Al-Qur’an (pen. Agus Fahri Husein, Supriyanto Abdullah, dan Amiruddin), Tiara Wacana, Yogyakarta.

Kautsar Azhari Noer, 1997, Ibn al-‘Arabi: Wahdat al-Wujûd dalam Perdebatan, Yayasan Wakaf Paramadina, Jakarta.

Khudori, A. Soleh, 2012, Wacana Baru Filsafat Islam, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mehdi Hairi Yazdi, 1994, Ilmu Hudhuri, Mizan, Bandung.

Misnal Munir, 2014, Filsafat Sejarah, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Misri A. Muchsin, 2002, Filsafat Sejarah dalam Islam, Ar-Ruzz, Yogyakarta.

Meyerhoff, Hans, 1959, The Philosophy of History in Our Time, Doubleday & Company, New York.

Phelan, Owen M., Harvard Theological Review 103: 3, July 2010, pp 271 – 289.

Qasim, Mahmud, 1969, Al-Khayal fi Madzhab Muhyiddin ibn Arabi, Ma’had Al-Buhuts wa Ad-Dirasat Al-Arabiyah, Cairo.

Rauf, Bulent. 1998, The Twenty-Nine Pages: An Introduction to Ibn ‘Arabi’s Metaphysics of Unity. Beshara: Publications, Scotland.

Russell, Bertrand, 2008, Bertuhan Tanpa Agama: Esai-esai Bertrand Russell tentang Agama, Filsafat, dan Sains (pen. Imam Baehaqi), Resist Book, Yogyakarta.

Walsh, W. H., 1970, An Introduction to Philosophy of History, Hutchincon & Co LTD: London


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faklutas Ushuluddin dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Kel.Anduring. 
Kec.Kuranji, Kota Padang, SUMBAR
Tlp/Fax: 
Handphone: 
E-mail: al-aqidah@uinib.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.