PENGEMBANGAN DESAIN MODEL ASSURE PADA PEMBELAJARAN IPS SD/MI

Syahril Syahril

Abstract


Desain pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas. Keberhasilan guru dalam mengembangkan pembelajaran sangat ditentukan oleh keberhasilannya dalam mendesain pembelajaran yang dilakukannya. Desain pembelajaran mencerminkan keputusan guru tentang materi pelajaran, aktivitas siswa, skenario pembelajaran, metode yang mendidik, dan media yang mempermudah siswa belajar untuk mencapai tujuan dan cara mengevaluasinya. Di antara desain model pempelajaran yang dapat menuntun guru secara sistematis untuk merencanakan proses pembelajaran secara efektif adalah desain model ASSURE.  Sesuai dengan namanya desain model ini terdiri dari enam langkah yaitu; Analyze, State Object, Select, Utilize, Require, and Evaluate, yang disingkat dengan ASSURE. Dalam pelaksanaannya, model ini memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas. Sesuai dengan karakteristik materi dan siswa SD/MI, model ASSURE dapat membantu guru dalam mendesein pembelajaran IPS di SD/MI yang dari beberapa hasil penelitian telah terbukti meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran IPS di SD/MI.

 


Keywords


Desain Pembelajaran, IPS SD/MI, Model ASSURE,

References


Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja RosdaKarya

Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA

Prayitno. 2009. Pendidikan: Dasar Teori dan Praktis Jilid I. Padang: UNP Press

---------, 2009. Pendidikan: Dasar Teori dan Praktis Jilid II. Padang: UNP Press

Pribadi, Benny A, 2011, Model Pembelajaran Assure, Jakarta: Dian Rakyat.

Ratna Wilis Dahar, 2011, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga

---, 2011. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press

Sapriya, 2009, Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Smaldino, Sharon E, dkk. 2007. Instructional Technology And Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall

Snelbecker E. Glen, 1974, Learning Theory Instructional Theory. USA: McGraw-Hill, inc

Supardan, Dadang, 2015, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial, Perspektif Filosofi dan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta: kencana

Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran , Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad