PENGEMBANGAN DESAIN MODEL ASSURE PADA PEMBELAJARAN IPS SD/MI
Abstract
Desain pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas. Keberhasilan guru dalam mengembangkan pembelajaran sangat ditentukan oleh keberhasilannya dalam mendesain pembelajaran yang dilakukannya. Desain pembelajaran mencerminkan keputusan guru tentang materi pelajaran, aktivitas siswa, skenario pembelajaran, metode yang mendidik, dan media yang mempermudah siswa belajar untuk mencapai tujuan dan cara mengevaluasinya. Di antara desain model pempelajaran yang dapat menuntun guru secara sistematis untuk merencanakan proses pembelajaran secara efektif adalah desain model ASSURE. Sesuai dengan namanya desain model ini terdiri dari enam langkah yaitu; Analyze, State Object, Select, Utilize, Require, and Evaluate, yang disingkat dengan ASSURE. Dalam pelaksanaannya, model ini memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas. Sesuai dengan karakteristik materi dan siswa SD/MI, model ASSURE dapat membantu guru dalam mendesein pembelajaran IPS di SD/MI yang dari beberapa hasil penelitian telah terbukti meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran IPS di SD/MI.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja RosdaKarya
Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: ALFABETA
Prayitno. 2009. Pendidikan: Dasar Teori dan Praktis Jilid I. Padang: UNP Press
---------, 2009. Pendidikan: Dasar Teori dan Praktis Jilid II. Padang: UNP Press
Pribadi, Benny A, 2011, Model Pembelajaran Assure, Jakarta: Dian Rakyat.
Ratna Wilis Dahar, 2011, Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga
---, 2011. Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press
Sapriya, 2009, Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Smaldino, Sharon E, dkk. 2007. Instructional Technology And Media For Learning Ninth edition. New Jersey Columbus, Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall
Snelbecker E. Glen, 1974, Learning Theory Instructional Theory. USA: McGraw-Hill, inc
Supardan, Dadang, 2015, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Soaial, Perspektif Filosofi dan Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara
Susanto, Ahmad, 2014, Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jakarta: kencana
Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran , Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i1.1592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tarbiyah Al-Awlad