PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK DENGAN STRATEGI INKUIRI PADA TEMA LINGKUNGAN DI MI/SD

Sri Deswika Putri

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh masalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA. Pada saat observasi masih jelas tergambar pemisahan antara bidang studi. Dalam pembelajaran peserta didik kurang di pandu kepada aktifitas sehingga, beberapa peserta didik hanya, duduk sambil menggambar yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran. Peserta didik tidak terlibat aktif. sehingga proses pembelajaran belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar tematik dengan menggunakan strategi inkuiri pada tema lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru/siswa kelas III SDN 20 Kurao Pagang yang berjumlah 35 orang yang dilaksanakan di semester I tahun ajaran 2016/2017. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas belajar tematik siswa kelas III SDN 20 Kurao Pagang. Melihat hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar tematik siswa kelas III dari siklus I ke siklus II pada tema lingkungan di SDN 20 Kurao Pagang maka perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dimasa yang akan datang.


Keywords


aktivitas belajar, tematik, lingkungan



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1602
Abstract views : 140 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 113 times

References


BSNP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Badarudin. 2011. Hakikat IPA di SD. (online). http://ay;4balby.wordpress.com/2011/02/22/hakikat-ipa-di-sd/diakses

tanggal 25 Juli 2011.

Christine C. Papas, dkk.1990. An integrated elementary school language perspective in the Longman. London

Darliana. 2007. Keterampilan dan Teknik Berfikir Sederhana untuk Pembelajaran IPA SD. Bandung: PPPPTK IPA

Detik. 2010. Belajar Mengajar. (online). http://dkganW&blogdetik.com/2010106/01/peningkatan-mutupembelajaran/ diakses tanggal 11 Mei 2015

Dyah Sriwilujeng. 2011. "Strategi Pembelajaran Aktif. Makalah disajikan dalam Diklat Pengembangan dan Pembangunan Karakter Bangsa, PPPPTK PKn dan IPS Malang, Malang, 19 Mei 2011.

Gimin. dkk. 2008. Model-Model Pembelajaran. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Subroto Hadi, 2000. Pembelajaran Tematik dan Aplikasinya di Sekolah Dasar.

Makalah

Hendry Guntur, Tarigan. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Hilda Karli. 2006. Panduan Belajar Tematik. Bandung: Erlangga.

Ian Robertson, 2008. International Education Journal Sustainable e-learning activity theory and professional development. RMIT University, Melbourne.

I. Made Alit Mariana dan Wandy Praginda. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Kemmis dan MC. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo, Persada.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek dan Penelitian. Padang: UNP Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.