KENDALA PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI MIN KECAMATAN BAYANG KAB. PESISIR SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan mengenai kendala yang dialami pendidik dalam menerapkan penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan penilaian, kendala yang dialami, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah pendidik kelas I, kelas IV, dan Kepala MIN di Kecamatan Bayang Kab. Pesisir Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pendidik belum menerapkan penilaian autentik secara keseluruhan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autentik masih ditemukan pendidik yang kurang paham dengan kurikulum 2013, jarang mengikuti pelatihan mengenai kurikulum 2013 khususnya pada aspek penilaian, revisi kurikulum membuat pendidik kebingungan dalam menerapkan kurikulum 2013, serta pendidik merasa terlalu banyak kegiatan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran dan penilaian. Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autentik pada kurikulum 2013 adalah berdiskusi dengan teman sejawat dan kepala madrasah. Pendidik mengharapkan kepada pemerintah agar memberikan pelatihan penerapan kurikulum 2013 khususnya pada aspek penilaian autentik pada kurikulum 2013.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1625
Abstract views : 250 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 3602 times
References
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Agama RI, 1998. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT Karya Toha Putra
Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati
E. Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers
Kunandar, 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran I
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tantang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran III
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NO 23 Tahun 2016
Siti Atava & Rizema Putra. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogyakarta: DIVA Press
Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Margono S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke cipta
Ruslan Dkk, Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie,Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (FKIP) Unsyiah Volume I Nomor I, Agustus 2016
Made Endra Danu Merta Dkk, Analisis Penilaian autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Kelas IV SD NO 4 Banyuasri, Jurnal PGSD Univesitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilain. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Usman. 2003. Husaini dan Purnomo Setuadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara
Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum : Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta: Teras
Refbacks
- There are currently no refbacks.