KENDALA PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI MIN KECAMATAN BAYANG KAB. PESISIR SELATAN

Armadeni Armadeni, Media Roza, Asmaiwaty Arief

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan mengenai kendala yang dialami pendidik dalam menerapkan penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan penilaian,  kendala yang dialami, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan penilaian autentik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah pendidik kelas I, kelas IV, dan  Kepala MIN di Kecamatan Bayang Kab. Pesisir Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pendidik belum menerapkan penilaian autentik secara keseluruhan. Kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autentik masih ditemukan pendidik yang kurang paham dengan kurikulum 2013, jarang mengikuti pelatihan mengenai kurikulum 2013 khususnya pada aspek penilaian, revisi kurikulum membuat pendidik kebingungan dalam menerapkan kurikulum 2013, serta pendidik merasa terlalu banyak kegiatan  yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran dan penilaian. Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan penilaian autentik pada kurikulum 2013 adalah berdiskusi dengan teman sejawat dan kepala madrasah. Pendidik mengharapkan kepada pemerintah agar memberikan pelatihan penerapan  kurikulum 2013 khususnya pada aspek penilaian autentik pada kurikulum 2013.


Keywords


pendidik, penilaian autentik, kurikulum 2013



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i1.1625
Abstract views : 250 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 3602 times

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Agama RI, 1998. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT Karya Toha Putra

Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Lentera Hati

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supardi. 2016. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran I

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tantang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran III

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NO 23 Tahun 2016

Siti Atava & Rizema Putra. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogyakarta: DIVA Press

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Margono S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineke cipta

Ruslan Dkk, Kendala Guru Dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie,Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (FKIP) Unsyiah Volume I Nomor I, Agustus 2016

Made Endra Danu Merta Dkk, Analisis Penilaian autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Kelas IV SD NO 4 Banyuasri, Jurnal PGSD Univesitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilain. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Usman. 2003. Husaini dan Purnomo Setuadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara

Zaini, Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum : Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi, Yogyakarta: Teras


Refbacks

  • There are currently no refbacks.