PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Dorisno Dorisno, Oktri Nanda

Abstract


Perangkat pembelajaran merupakan suatu sumber informasi yang membantu dalam proses pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal. Perangkat pembelajaran IPA yang digunakan masih ada yang kurang memfasilitasi siswa dalam mengembangkan ide-ide dan penemuannya. Oleh karena itu, pentingnya pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis discovery learning. Tujuan yang hendak dicapai dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan  yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari  pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Hasil  pada tahap define diperoleh analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis siswa. Hasil pada tahap design diperoleh rancangan silabus, RPP, dan bahan ajar. Tahap development dari uji validitas memperoleh nilai rata-rata silabus 3,84 kategori sangat valid,  RPP 3,7 kategori sangat valid, dan bahan ajar 3,87 kategori sangat valid. Tahap praktikalitas memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan RPP 3,82 kategori sangat praktis, angket respon guru memperoleh persentase 88,63% kategori sangat praktis, dan angket respon siswa memperoleh persentase 90,4% kategori sangat praktis.  Tahap uji efektivitas memperoleh  hasil aktivitas siswa dengan persentase 85,43% kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan memperoleh persentase 91% tuntas, aspek sikap dengan persentase 81,44% kategori sangat baik, dan aspek keterampilan dengan persentase 93,43% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran IPA  berbasis discovery learning di kelas V Sekolah Dasar yang  dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.


Keywords


discovery learning, pembelajaran IPA



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i2.1918
Abstract views : 312 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 150 times

References


Asy’ari, Maslichah. (2006). Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.

Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hendri, Wince. 2007. Bahan Ajar Pembelajaran IPA SD. Padang: PGSD Universitas Bung Hatta.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konseptual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendiknas. 2010. Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Kemendiknas, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.