ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DENGAN METODE RESOURCE BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Habib Khalilur Rahman, Aninditya Sri Nugrahaeni

Abstract


Abstrak

Kemampuan bahasa pada anak memiliki peran sangat penting di dalam kehidupannya, dengan berkembangnya kemampuan bahasanya, akan memudahkan anak untuk mengenal berbagai macam hal yang ada di lingkungan sekitarnya. Dalam proses pembelajaran kemampuan bahasa anak juga akan berpengaruh terhadap berlangsungnya pembelajaran, semakin baik kemampuan bahasa anak akan membuat proses pembelajaran akan lebih efektif dan berjalan dengan baik. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik perkembangan peserta didik merupakan kunci keefektifan pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahasa dalam pembelaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode resource based learning pada anak usia sekolah dasar . Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode resource based learning dapat mengembangkan bahasa yang ada pada anak usia sekolah dasar. Metode Recource Based Learning dapat mengembangkan bahasa pada peserta didik dengan melatih peserta didik untuk mendengarkan dan memahami bahasa melalui sumber belajar yang digunakan baik itu buku, ataupun media audio visual yang digunakan oleh guru.


Keywords


Perkembangan Bahasa, Pembelajaran, Resource Based Learning



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2387
Abstract views : 399 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 139 times

References


Alfiana, D. (2020). Perkembangan Bahasa Anak : Analisis Komunikasi Siswa. 66–69.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif.: Teori Dan Praktik. Pt. Bumi Aksara.

Helti, Y. (2012). Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Sd Dalam Berkomunikasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 1–30.

Julrissani. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa Dalam Berkomunikasisiswa Sekolah. Edumaspul, 4(1), 72–87.

Latifa, U. (2017). “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Jurnal Of Multiciplenary Studies, 185–196.

Lilik Tahmidaten, W. K. (2020). Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia(Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 22–33.

Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (Sd/Mi). Tarbiyah Al-Awlad, Vi, 635–643.

Masganti. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Perdana Publishing.

Nasir A. R. Lasaka, Jamaludin, B. S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resource Based Learning (Rbl) Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas Iv Sdn Sampaka. Jurnal Kreatif Online, 5, 152–177.

Nasution, S. (2010). Kurikulum Dan Pengajaran. Bumi Aksara.

Nasution, S. (2018). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Nazir, M. (2013). Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia.

Ramelan. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas Vi Sd Negeri No 053979 Kepala Sungai. Esj, 7, 54–61.

Safitri, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Pada Kelas X Sman 15 Bandar Lampung.

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10, 89–100.

Sri Pajriah. (2015). Pemanfaatan Metode Resource Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 3, 147–159.

Suryosubroto, B. (2017). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Pt. Rineka Cipta.

Syihabudin, Syahna Apriani, And T. R. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 21–31.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.