IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI SD 30 KOTA PADANG DALAM MASA PANDEMI COVID 19

Oktriza Mentari, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Quantum Teaching dalam untuk meningkatkan aktifitas belajar daring peserta didik di SD 30 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitiannya berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik daring pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 67,4% pada pertemuan pertama dan meningkat 73,4% pada pertemuan kedua, dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 80,1% pada pertemuan pertama dan meningkat 83,7% pada pertemuan kedua dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimpleentasikan quantum teaching sebagai model pada pembelajaran tematik selama daring dirumah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik Kelas di SD 30 Kota Padang.


Keywords


Aktivitas belajar, Quantum teaching, Pembelajaran Daring



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2512
Abstract views : 239 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 87 times

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darjojah, Rani, dkk. 2013. Penerapan Model pembelajaran quantum teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD N 5 Makam. FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret.

Delipiter Lase, dkk. 2020. Persepsi orang tua siswa sekolah dasar di Kota Gunungsitoli terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, sains, Humaniora dan Kebudayaan.

De Porter,dkk.2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa PT. Mizan Pustaka.

Hidayah, Rahmi, dkk. 2012. Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 145 Pekanbaru. PGSD FKIP Universitas Riau.

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : CV iscom

Jufri, Wahab. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka RekaCipta.

Kholisul, Muhammad Fathikin, dkk. 2014. Keefektifan Model Quantum TeachingTerhadap Hasil Belajar Tematik Integratif Peserta didik kelas IV MII. PGSD Universitas PGRI Semarang.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. 2014. Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nelwati, Sasmi. 2007. Dasar – Dasar Pendidikan. Padang: IAIN IB Press.

Noberta, dkk. 2003. Pengembangan Model Quantum Teaching Pada Pembelajaran Tematik di Kelas III Sekolah Dasar. PGSD FKIP UNTAN, Pontianak.

Nurdin, Syafruddin dan Adriantoni. 2016. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Nurfatimah, dkk. 2020. Analisis Keaktifan belajar siswa kelas tinggi di SDN 07 Sila pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5 No. 2,

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pers.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan

Sudjana, Nana. 1989. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.

Susanto, Ahmad.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar .(Jakarta:Kencana Pernadamedia Group)

Wahyu, Nyoman Merthayasa, dkk. 2016. Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Keterampilan Menulis) pada siswa kelas IV SD, e- Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Wena, Made.2010.Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual operasional. Jakarta: Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.