MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF DENGAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya nilai tematik pada pembelajaran PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020 yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Pembelajaran masih didominasi oleh pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik kurang berinteraksi dan kerja sama antar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman, yang menerapkan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Kota Pariaman dengan jumlah peserta didik sebanyak 52 orang yang terdiri dari 2 kelas. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan Strategi CTL, sedangkan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran biasa. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai Agustus 2019. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes akhir. Hasil menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai kelas eksperimen 78,25 dan rata-rata nilai kelas kontrol 62,5. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh thitung>ttabel (4,069>0,2732) dengan α= 0,05 pada taraf kepercayaan 95%. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima artinya hasil belajar PKN dan Bahasa Indonesia peserta didik yang menerapkan Strategi CTL baik daripada hasil belajar peserta didik yang tidak menerapkan Strategi CTL di kelas II MIN 1 Kota Pariaman Tahun Ajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2526
Abstract views : 272 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 892 times
References
Abdul Malik dan Chaerul Rochman. 2014 Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abdul Majid, dkk, 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ahmad Mustafa, Tafsir al-Maraghi, Jilid V (Baerut: Daar al-Fikr, tth)
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta
Bambang Prasetyo, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers
Candrawati, U., & Utami, S. (2016). Pemanfaatan Media Power Point dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(3).
Hakim, L. (2009). Perencanaan pembelajaran.
Bandung: Wacana Prima.
Ichsan Anshory. 2018, Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013. JINoP (Inovasi Pembelajaran) Volume 4, Nomor 1, P-ISSN 2443-1591 E-ISSN 2460 Jurnal -0873
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 3(1).
Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jurnal I-Afkar, 5(1), 80-105.
Lailatul Usriyah. Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Lembaga Pendidikan Dasar Islam. Tadris,Volume 13, Nomor 2, Desember 2018
Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam.
Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.
Mohammad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press
Novi Lestari Ningsih. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggungjawab. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VII, Nomor 1, April 2017
Saregar Antomi dan Widha Sunarno. Pembelajaran Fisika Kontekstual melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi menggunakan Multimedia Interaktif ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Sikap Kemampuan Verbal. Jurnal Inkuiri ISSN: 2252-7893, Vol 2, No 2 2013
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualtitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Nurdyansyah, N. (2015). Model Social , 2017.
Statistika untuk Penelitian, Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14(1), 13-22.
Puji Rahayu Ningsih, dkk, Jurnal Pendidikan, Volume 3 Nomor 12. EISSN 2502- 471X
Purbayudi Budi Santosa Ms dan Ashari, 2007. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali
Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Bandung: Alfabeta, 2017
Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sularmi, dkk, Jurnal Pendidikan, Volume 3 Nomor 4, EISSN 2502-471X
Sumadi Suryabrata. 2014. Meteodologi Penelitian. Surabaya: Rajawali Press.
Suryosubroto. B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2015. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Wina Sanjaya, 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Refbacks
- There are currently no refbacks.