PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V MIS MUHAMMADIYAH RAMBAI KOTA PARIAMAN

Zainul Arasy, Zulfahmi HB

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan keterampilan berbicara tematik terpadu peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat pengaruh model role playing terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara pada subtema manusia dan lingkungan. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental dengan design One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis, tes kinerja, dan angket. Teknik yang digunakan menganalisis data berupa uji T dan N-Gain. Hasil penelitian pada tes tulis diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel pada taraf signifikan 5%   db 24 adalah 2,06 karena thitung lebih besar dari ttabel (2,69 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek kebahasaan diperoleh (3,45 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek nonkebahasaan didapatkan (3,57 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha. Pada pengujian N-Gain, tes tulis didapatkan persentase 33,22, tes kinerja aspek kebahasaan 44,97 dan aspek nonkebahasaan didapatkan persentase 41,49. Jadi, keseluruhan perhitungan N-gain terletak pada rentang 30 ≤ N-gain ≤ 70 dengan kriteria klasifikasi sedang. Setelah menganalisis hasil dapat disimpulkan adanya pengaruh model role playing dimana hasil belajar dan keterampilan berbicara lebih baik setelah menggunakan role playing daripada sebelum menggunakan pembelajaran role playing.


Keywords


Model Pembelajaran, Role Playing, Keterampilan Berbicara



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2527
Abstract views : 172 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 300 times

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryadi dan Zamzami. 2000. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi)

Istirani. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mendikbud. 2014 Press Workshop: Implementasi Kurikulum 2013. Banten: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2016 Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori Praktek dan Penilaian). Jakarta: Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2013. 168 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyarti, Lina dkk. 2018. Pembelajaran Abad

(Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadi, Suryasubrata. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan, Henry Guntur. 2007. Berbicara sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah B. 2011. Model Pembalajaran.

Jakarta: Bumi Aksara.

Wahid, Abdul Hamid dan Rizka Afkarina Karimah. 2018. Integrasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) dengan Model Creative Problem Solving. Porbolinggo: Jurnal Program Studi PGM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.