PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV DI MIN BENER PURWOREJO

Faizah Faizah, Akhmad Zaenudin

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui proses pengembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di MIN Bener Purworejo. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menyusun, memahami dan menganalisis proses penerapan pembelajaran tematik terpadu sekaligus bentuk pengembangan kreativitas melalui pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan; Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan menggunakan pendekatan scientific. Tahap pelaksanaan pembelajaran dimulai dari, tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Pengembangan Kreativitas Peserta didik didesain menggunakan multimetode, yakni; metode inquiri dan problem solving. Pembelajaran dilaksanakan secara aktif dan tidak monoton, peserta didik diberikan kebebasan berpendapat sekaligus praktik langsung.


Keywords


Pengembangan Kreativitas Peserta Didik, Pembelajaran Tematik Terpadu.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2530
Abstract views : 153 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2773 times

References


Eggen, P.D & Kauchak, D.P. (1996). Strategy for Teachers Teaching Content and Thinking Skill. Boston. Allyn and Bacon.

Hamalik, O. (2011). Belajar Mengajar. Jakarta.

Bumi Aksara.

Krisiandi. (15/12/2016). “Daya Imajinasi Siswa Lemah”, Dikutip dari http://nasional.kompas.com/read/2016/12/ 15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah pada tanggal 11 Agustus 2019.

Latipah, E. (2012). Pengantar Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. PT Pustaka Insan Madani.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

SB Mamat. (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta. Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.