PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Febria Wulandari, Dorisno Dorisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis dan efektif pada pembelajaran tematik subtema merawat tumbuhan untuk siswa kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilakukan pada awal semester dua tahun ajaran 2019/2020. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancangan LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh 2 orang dosen dan 4 orang guru SD. Analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan presentase kevalidan 91,2%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat praktis dengan presentase kepraktisan 92,5% oleh guru dan 89,2% oleh siswa dengan kategori praktis. Pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 87,4%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan pembelajaran tematik subtema merawat tumbuhan untuk siswa kelas II.


Keywords


LKPD, Saintifik, Tematik.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i1.2531
Abstract views : 381 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 748 times

References


Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. Dalam Skripsi. Sarjana Pendidikan Teknik. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.https://eprints.uny.ad.id/105 90/.

Arifin, Zainal.2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Awe, Elisabeth. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Subtema Bermain di Lingkungan Sekolah Untuk Siswa Kelas Dua (II) Sekolah Dasar. Dalam Skripsi.Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Elwi, Lara Cesilia. 2017. Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education. Vol.9, Hal 97-104.

Hernawan, Asep Herry. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Djambatan.

Machin.2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPP 3 (1) 28-35.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Malawi, Ibadullah dan Ani Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : Ae Media Grafika.

Musfiqon dan Nurdiansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Surabaya: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rofiah, Nurul Hidayati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Berbasis KIT untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar IPA di MI/SD. Al-Bidayah. Vol 6, No.2. Hal.254.

Sabri, Alfi, 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Reaslitic Mathematics Education Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Dalam tesis tidak diterbitkan.Sarjana pendidikan.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Padang

Sani, Ridwan Abdulla, 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara

Saputri, Lola Ineli. 2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. ejurnal. lbunghatta.ac.id. Vol 4, No 5.

Sari, Kurnia Puspita. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Materi Volum Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 55 Air Pacah. Sarjana Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta

Septriwati, Reni. 2018. Pengembangan RPP dan LKPD Matematika Berbasis

Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas XI SMA.dalam tesis tidak diterbitkan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Padang

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Slamet, Paidi dan Insih Wilujeng, 2011. Lembar Kerja Siswa Disampaikan dalam Acara Pembekalan Guru Daerah Terluar dan Tertinggal di Akdemik Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 November-6 Desember 2011, tersedia di http://docslide.net/documents/lembar- kerja-siswa.html.

Trianto.2009. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana..

Trianto (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zulfah. 2017. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 Kelas VIII SMP. Vol 1, No. 2, Hal 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tarbiyah Al-Awlad