Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal : Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar

Alfurqan Alfurqan, Zulvia Trinova, M Tamrin, Annisaul Khairat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat filosofi pengembangan pendidikan dasar. Dimana para guru harus mempertimbangkan serangkaian masalah yang muncul ketika merencanakan pendidikan dasar anak. Dengan cara apa konsep, prinsip, dan perspektif perkembangan tercermin dalam ruang kelas dasar, Apa itu pendidikan, mengapa filosofi pendidikan penting, mengapa kemitraan keluarga-sekolah-komunitas penting. Guru yang memahami perkembangan anak lebih mampu membangun lingkungan belajar yang efektif dan berkomunikasi dengan profesional anak dari berbagai bidang. Mengembangkan filosofi personal pendidikan dasar yang menghubungkan perkembangan anak-anak dengan praktik pendidikan sangat penting dalam menerapkan informasi baru tentang pembelajaran dan perkembangan masa kanak-kanak, menjelaskan pentingnya perilaku anak-anak kepada orang lain, dan membenarkan praktik pengajaran pribadi. Sebagai seorang guru, akan dituntut menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran kelasnya. Sulit untuk menjelaskannya tanpa memahami filosofi pendidikan dasar yang mencerminkan konsep, prinsip, dan perspektif perkembangan dan pendidikan. Filosofi pendidikan tidak hanya akan memandu interaksi dengan peserta didik, tetapi juga akan membantu untuk lebih memahami dan membenarkan perbedaan antara praktik mengajar dilakukan dan praktik yang dilakukan guru.


Keywords


Membangun, Filosofi personal, Pengembangan, Pendidikan dasar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2579
Abstract views : 3560 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 2419 times

References


Adler, K., Salanterä, S., & Zumstein-Shaha, M. (2019). Focus Group Interviews in Child, Youth, and Parent Research: An Integrative Literature Review. International Journal of Qualitative Methods. https://doi.org/10.1177/1609406919887274

Alfurqan, A., & Harmonedi, H. (2017). Pandangan Islam Terhadap Manusia: Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan. Journal of Educational Studies, 2(2), 129–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/educative.v2i2.468

Damanhuri, Z. (2018). Perkembangan Main Dalam Kalangan Kanak-Kanak Awal. Jurnal Sains Sosial, Malaysian Journal of Social Sciences.

Hikmawan, F. (2017). Perspektif filsafat pendidikan terhadap psikologi pendidikan humanistik. Sains Psikologi.

McLachlan, C., Nicholson, T., Fielding-Barnsley, R., Mercer, L., & Ohi, S. (2012). Literacy in Early Childhood and Primary Education. In Literacy in Early Childhood and Primary Education. https://doi.org/10.1017/cbo9781139519397

Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidikan Dan Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah.

Russell, J. L. (2011). From child’s garden to academic press: The role of shifting institutional logics in redefining kindergarten education. American Educational Research Journal. https://doi.org/10.3102/0002831210372135

metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik.

Zulkifli Bin Mohd Sidi. (2019). Metodologi Penyampaian Latihan Mengajar: Tinjauan Amalan Latihan Pedagogikal Kemahiran & Vokasional di Malaysia. ICPIE 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.