METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD)

Zulvia Trinova, Zainal Asril, Mina Muliana

Abstract


Masih rendahnya kemampuan kreativitas peserta didik kerena pendidik belum menerapkan metode yang dapat melatih kemampuan kreativitas peserta didik. Maka dibutuhkan perbaikan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) menggunakan Mind Mapping dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) menggunakan mind mapping dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar (SD)”. Jenis penelitian ini studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpula data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan non tes, yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia atau Google Scholar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian dari delapan jurnal yang digunakan, dapat disimpulkan bahwa dalam gambaran hasil metode CIRC dan metode mind mapping terhadap meningkatkan kreativitas peserta didik sangat membantu pendidik dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih efektif. Langkah-langkah pembelajaran metode CIRC dan mind mapping dalam pembelajaran lebih berpusat kepada peserta didik, sehingga menciptakan suasana yang aktif.




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2776
Abstract views : 147 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 86 times

References


Asis Saefuddin, Ika Berdiati. 2016. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitriyani, F., & Utama, E. G. (2019). Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 77-81.

Hayati, N. L. D., Jazuli, M., & Florentinus, T. S. (2016). Kesenian Silakupang Grup Srimpi: Proses Kreativitas Karya Dan Pembelajaran Di Kabupaten Pemalang. Catharsis, 5(1), 55-62.

Hudoyo, S. (2018). Upaya meningkatkan kreativitas dan soft skill mahasiswa dengan hipnoterapi melaluipendekatan 4p (pribadi, press, proses, produk) dalam pembelajaran penyuntingan digital 1 prodi tv dan film. Isi surakarta.

Ichsan, M. (2016). Psikologi pendidikan dan ilmu mengajar. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 60-76.

Ishaq Nuriadin, Krisna Satrio Perbowo. 2013. Analisis korelasi kemampuan berpikir kreatif matematik terhadap hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat (STKIP Siliwangi Bandung).

Judiani, S. (2011). Kreativitas dan kompetensi guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 56-69.

Maedalis. 2010. Metode Penelitian suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mestika Zed. 2007. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Miftahul Huda. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Alfandi, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran disekolah. Semarang: Perpustakaan Nasional.

Muhammad Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oemar Hamalik. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

P. Joko Subagyo. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Palobo, M. (2015). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pembelajaran ProblemPosing Dan Problem Solving. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Paramartha, A. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sd melalui model discovery learning (doctoral dissertation, Fkip Unpas).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardi Suryabrata. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo.

Uge, H. (2014). Perbandingan Pendekatan Lingkungan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan DI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan Paku Di SMA Muhammadiyah Tumbang Samba Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Yeni Rachmawati, Euis Kurniati. 2010. Straegi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.