PENGUATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MELALUI MODUL BERBASIS MODELLING THE WAY

Misra Misra, Tiya Yulika Putri

Abstract


Belum tersedianya modul IPA dalam aktivitas pembelajaran di tengah situasi Covid-19 telah membuat cakrawala dan wawasan berfikir peserta didik menjadi sempit dan cenderung monoton. Orientasi pembelajaran daring berlangsung kaku dan kurang fleksibel karena bahan ajar yang digunakan lebih banyak bersumber hanya pada buku cetak saja. Sehingga ada anggapan bahwa pelajaran IPA itu hanya sebatas hafalan belaka yang terkadang sangat membosankan. Tulisan ini bertujuan untuk menyibak bagaimana upaya pendidik, khususnya pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat memberikan penguatan pemahaman konsep terhadap pelajaran IPA dalam kehidupan nyata peserta didik. Maka upaya pengembangan modul berbasis Modelling The Way dijadikan salah satu solutif alternatifnya.  Metode yang digunakan adalah pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D) melalui model pengembangan 4-D (Four D Models) yang terdiri dari 4 tahap,yaitu mulai dari pendefenisian (define), perancangan (Desain), Pengembangan (Develop) dan  Penyebaran (Dissiminate). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa modul berbasis Modelling The Way ternyata sangat efektif bagi peserta didik dalam pemahaman konsep pada pembelajaran IPA, dengan skor rata-rata mencapai di atas 90%. Di samping itu, juga mampu memberikan penguatan dalam menunjang aktivitas belajar peserta didik selama masa pandemi covid-19 melalui pembelajaran daring dari rumah. Dengan begitu, berarti dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis Modelling The Way sangat efektif dalam memberikan penguatan  terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam mata pekajaran IPA pada Madrasah Ibtidaiyah (MI).




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2777
Abstract views : 163 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 91 times

References


Andy,Stepanus., Yesinta,. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kompetensi Konsep Alat Optik dengan Pendekatan Multirepresentasi di SMP Sungai Raya, 2016, h. 2

Carlisle, Kenneth, E, . Learning how to learn. Training & Development Journal, Vol. 39 No. 3, 1985. 75

Denanda Brigenta, dkk, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep”. Program Studi Pendidikan Fisika, Madiun, 2017, h. 103.

Fajar Shadiq, Kemahiran Matematika, (Yogyakarta: Depdiknas, 2009), h.145-155

Hasanah, Siti, Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan dalam Melakukan Shalat Wajib Melalui strategi Modelling The Way pada Peserta didik Kelas IV SDN Bojong Menteng IV Bekasi. Jurnal : Paradigma, Vol.XXI No. 01, 2015, h.37

Indramini, Efektivitas Penerapan Strategi Modelling The Way dalam Pembelajaran Membaca Puisi Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Banteng. Jurnal Perspektif, Vol.1 No 1, 2016, h.2

Jhon W, antrock., , Psikologi Pendidikan, ( Jakarta: Perdana Media Group,2007), h.44-45

Kandarp Sejpal,. Modular Method Of Teaching, International Journal for Research in Education, Vol. 2, Issue:2, ISSN:2320-091X. 2013. h. 169

Murdani Rosdianto,. Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika . Vol. 6 No.1, p-ISSN2252-732X. 2018. hal 56

Nurul Anwar, Moh Farid, dkk, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku”. Jurnal Pendidikan,Universitas Negeri Malang, 2017, Vol. 2 No.10, h. 73.

Oemar Hamalik, , Psikologi Belajar dan Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo,2007), h. 66-78

Pramukantoro, Mu’minin, M.,. Pengaruh Model Aktive Learning dengan strategi Modelling the way Terhadap hasil Belajar Peserta didik Pada Standar Kompetensi Memahami Pengukuran Elektronika di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Eletro, vol. 1 No. 1. 2013. h.

Rivai, Sudjana. Pengembangan Modul Pembelajaran Genetika Berbasis Fenomenal Lokal, Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2. 2009. h.167

S, Dyah Erlina, ulistyaningrum, dkk, “Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran ARIAS untuk Memberdayakan Motivasi dan Berfikir Kritis Peserta didik Pada Materi Ekosistem”. Pendidikan Sains, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015, Vol. 4 No. 1, h. 47.

Salmiza Saleh. The Level of B.Sc.Ed Students’ Conceptual Understanding of Newtonian Physics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 1, No. 3. ISSN: 2222-6990. 2011. h.249

Sarwanto, Widyaningrum,. Pengembangan Modul Berorientasi POE(Predict, Observe, Explain)Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik, Jurnal Bioedukasi, Volume 6, Nomor 1, ISSN: 1693-2654. 2013, h. 4

Sarwanto,Widyaningrum,. Pengembangan Modul Berorientasi POE(Predict, Observe, Explain)Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik, Jurnal Bioedukasi, Volume 6, Nomor 1, ISSN: 1693-2654. 2013, h. 4

Shihab Quraish, Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002), h. 14.

Sibelrman, Active Learning 101 Cara Belajar Peserta didik Aktif, (Bandung: Nuansa Cendekia, 2013), h. 234

Soehardi, Sigit, Perilaku Organisasi, (Yogyakarta: BPFE UST,2003), hal 24.Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, (Jakarta: Raja Persada, 2002), hal. 110

Sudarti Nurdiasari,. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Disertai Cergam Materi Listrik Dinamis SMA Kelas X, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 1, 2017, h.23 .

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013. h. 249.

Suhartatik, Hutagoal, A.S.R., Wibowo, D.C., Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dengan Metode Modelling the way pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa,Vol. 2 No. 2, 2016, h.159.

Sulistyo, E.,Christian, D., Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi Modelling The Way Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Alat Reproduksi Sinyal Audio Video. Jurnal Pendidikan Elektro, Vol. 3 No. 2, 2014

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010). h.35-39

Wina Sanjaya, Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2013, h. 58.

----------------, Strategi Belajar Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2009), h.55-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.