ANALISIS PENERAPAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA TINGKAT MI/SD

Fifi Andriani, zulfahmi HB, Marhamah Marhamah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  kurangnya minat membaca permulaan pada peserta didik di MI/SD. Hal ini disebabkan kurangnya penerapan media pembelajaran pada membaca permulaan di MI/SD, sehingga peserta didik kurang tertarik dalam membaca permulaan. Kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap membaca permulaan menyebabkan proses pembelajaran menjadi monoton. Akibatnya tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran menggunakan media big book dan bagaimana peran media big book  dalam membantu membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode Library Research (kajian kepustakaan). Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari bahan pustaka berupa buku-buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka secara berkesinambungan dengan objek pembahasan yang diteliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa  dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media big book layak untuk digunakan oleh pendidik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca permulaan. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu keefektifan pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman terhadap apa yang dipelajari. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh Luh Evi Juli Artini, Mutiara Magta, Putu Rahayu Ujianti menyatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh, metode membaca dasar bermediakan big book terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelompok A. Data kemampuan membaca permulaan peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi, untuk menguji hipotesis data hasil penelitian digunakan dengan uji t.




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2778
Abstract views : 435 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 159 times

References


Alwi, Hasan. dkk. 2003. Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Andre Rachman Diansyah. dkk. 2019. Media Pembelajaran Big Book Sebagai Penunjang Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Majalengka.

Andre Rachman. dkk. 2019. Media Pembelajaran Big Book Sebagai Penunjang dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar.

Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Alfiah Ftriani dan Umar Samadhy. 2018. Pengembangan Media Big Book Terhadap Keretampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Jurnal Vol 7 No 1.

Arsyad, Azhar.2016. Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek ( Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Bua, Mety Toding. dkk. 2016. Analisis Minat Membaca Permulaan dengan Cerita Bergambar di kelas I Sekolah Dasar. Jurna Pendidikan Vol. 1 No.9.

Bustami, Isni. dkk.2013. Penggunaan Media dalam Pembelajaran, (Padang:DIPA IAIN Imam Bonjol Padang.

Bambang Risambudi. 2019. Pengembangan Media Big Book di Kelas I Big Book Media Develomen For Firs Grade Studens. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 21.

Gafur, Abduk Gafur. 2012. Desai Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yokyakarta: Penerbit Ombak.

Hanafi, Abdul Halim. 2017. Metodologi Penelitian Kependidikan. Bandung: Hakim Publising.

Irdawati. Yunidar dan Darmawan. 2014. “MeningkatkanKemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1di MIN BUO” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.