PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV MIN 1 PADANG PARIAMAN

Gusmaneli Gusmaneli, Nana Sepriayanti, Dian Permata Sari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi masih belum tersedianya Modul berbasis MEA yang berkaitan dengan kehidupan nyata peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga tidak ada penambahan wawasan dan pemahaman serta membuat pembelajaran masih bersifat monoton, bahan ajar yang digunakan guru hanya didasarkan pada sumber buku cetak. Pada saat pembelajaran terlihat bahwa minimnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik, disamping itu peserta didik hanya terbiasa mengerjakan soal yang didasarkan pada contoh soal saja. Salah satu usaha yang bisa dilakukan dengan menyediakan Modul berbasis MEA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (Desain), Pengembangan (Develop) dan  Penyebaran (Dissiminate).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul berbasis MEA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah  sangat valid dengan skor rata-rata 90,7% dan kepraktisan di kategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 90,95% ditinjau dari kepraktisan pendidik dan peserta didik. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa Modul berbasis MEA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sangat valid dan sangat praktis.




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v11i1.2791
Abstract views : 141 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 63 times

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta. cet.ke-15).

Brigenta, Denanda dkk. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Program Studi Pendidikan Fisika, Madiun. ISSN 2527-6670.

Daswarman, Rieki . (2017). Pengembangan Modul Luas dan Keliling Bangun Datar yang Valid dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Dasar, (Universitas Bung Hatta) . 3 (2)

Eko Subekti, fitrianto, dkk. (2017). Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Penelitian Berbasis Pe,ecahan Masalah dan Kontekstual. Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 4 (2). ISSN 2339-2444.

Enggen, Paul dkk.(2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berfikir. (jakarta: PT Indeks).

Ghony et al, Djumaidi Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. (Malang: UIN Malang Press,20).

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, Miftahul (2014).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. (Yogyakarta: Cetakan ke-4)

Ilahiyah, Nihdatul dkk. Pengembangan Modul Matematika Berbasis PAKEM Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD”.Jurusan PGSD, ISSN 2355-1925 2019, (6) (1)

Jambusari, Ruko. (2016), Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. (Yogyakarta:Matematika. Cet ke-1).

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. (Bandung: Alfabeta).

Sari Wika, Alarifin, (2016).Pengembangan Modul Berbasis Poe Materi Usaha dan Energi Ditinjau dari Kemampuan Kognitif, (Jurnal Pendidikan Fisika). 4 (2)

Sundayana, Rostina. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Mateamatika. ( Bandung: ALFABETA.cv).

Sulistyaningrum, Dyah Erlina, dkk. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran ARIAS untuk Memberdayakan Motivasi dan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem. Pendidikan Sains. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 4 (1). ISSN 2252-7893.

Sutanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group).

Soimin, Aris (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA).

Taubah, Rofindah dkk. (2018). Student Critical Thinking Viewed from Mathematical Self-efficacy in Means Ends Analysis Learning with the Realistic Mathematics Education Approach. (Unnes Journal of Mathematics Education Research. ISSN 2252-6455). 7 (2).

Tasekeb, Diminikus, dkk,. (2019). Kemampuan Literasi Matematika ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran MEA Pendekatan Saintifik. (Universitas Negeri Semarang. ISSN 2686-6404).

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Tematik. (Jakarta: Kencana).

Umar, Wahid. (2017). Constructing Means Ends Analysis Instruction to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Mathematical Habits of Mind Dispositions, ( International Jurnal Of Education And Research. ISSN 2411-5681), 5 (2).

Ummah, Prastowo. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Kontekstual disertai Concept Mapping untuk meningkatkan kemampuan berfikir Kritis Siswa SMA, ( Jurnal Pendidikan Fisika). 3 (21)

Wawancara dengan guru wali kelas IV MIN 01 Padang Pariaman.

Widyaningrum, dkk. (2013).Pengembangan Modul Berorientasi Poe Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, (Bioedukasi. ISSN 1693-2654), 6 (1)

Wahyu Hidayat, Arif, dkk (2019). The Effect of Means Ends Analysis Model on Reasoning Skills of Planes. (3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE ). V 392.

Wena, Made. (2013). Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. (Yogyakarta: Graha Ilmu). Cet ke-1.

Yanti, April dkk. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa, (Jurnal Inkuiri. ISSN 2252-7893). 4 (3).

Yoradyastuti, Rirul. (2019). The Effect Of Using Means Ends Analysis (MEA) Model In Learning Geometry. (Proceeding Internasional Seminar of Primary Education. ISSN 2580-1970) 2 (64).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Berkarakter. (Jakarta: Kencana)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.