PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Adri antoni, Silvi Melindawati

Abstract


Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas serta efektifitas  LKPD berbasis Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Pada PembelajaranTematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Model  penelitian yang digunakan adalah  R&D (Research and Development). Peneliti mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh S.Thiagarajan, dalam Mulyatiningsih, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Hasil validasi semua aspek didapatkan rata-rata 86,59 % dengan kriteria penilaian sangat valid. Hasil praktikalitas dari pendidik didapatkan nilai rata-rata 89,7 % dengan kriteria penilaian sangat praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari kelima peserta didik mendapatkan nilai rata- rata 85,11 % dengan kriteria penilaian sangat praktis. Untuk hasil Efektivitas mendapatkan nilai rata- rata 87% denga kriteria penilaian sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Pada PembelajaranTematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar peneliti kembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.




DOI: https://doi.org/10.15548/jta.v11i2.2822
Abstract views : 235 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 229 times

References


DAFTAR REFERENSI

Aini, Nur Aisyah dkk. 2019. “Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya”. Jurnal Pendidikan Dasar 10. Journal.unj.ac.id

Azis, Hasbi. 2019. “Makalah Pengembangan Bahan Ajar Fisika “Validitas, Realibilitas, Praktikalitas, dan Efektifitas bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks)”. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang.

Beladina, N., dkk. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 2 No 3.

Fatmawati, Agustina. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X”. Jurnal Ilmiah volume 2 nomor 2; 2016.

Firdaus, M. &. Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 4.No 1.

Lestari, Lasmi Dkk. 2018. Validitas dan Praktkalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP)

Mulyatiningsih, Endang.2019.Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta :Alfabeta cv

Ratumanan , T.G. dan Rosmiati , Imas. 2019. Perencanaan pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Siswa Sma Kelas X Pada Materi Fungi. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi. Vol 7, No 1.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2014. Yogyakarta : Ar –Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.