PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Fauzan Fauzan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dalam
delapan kali pertemuan. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu meningkatnya
hasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Peningkatan hasil belajar kognitif siswa naik sebanyak 22,92% dengan perolehan presentase
ketuntasan 55,56% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa) pada posttes siklus I
menjadi 81,48% pada posttes siklus II (siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa).
Peningkatan Hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 59,26% kemudian mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 88,89%. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa
memperoleh rara-rata presentase ketuntasan 68,52% dan meningkat menjadi 90,74% pada
sikulus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS.


Kata Kunci


Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar siswa, mata pelajaran IPS

Teks Lengkap:

PDF (English)

Abstract views : 62 times
PDF (English) : 3 times

Referensi


Badar, Trianto Ibnu al-Tabany. 2014.

Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif, Progresif, Dan

Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Budi Susetyo. 2010. Statistika untuk Analisis

Data Penelitian. Bandung: PT

Refika Aditama.

Eko, Agung Purwana, dkk. 2009.

Pembelajaran IPS MI Edisi

Pertama. Surabaya: LAPIS PGMI.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran

Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: PT Refika Aditama.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prisip-Prinsp dan

Teknik Evaluasi Pembelajaran.

Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Sapriya, Susilawati, dan Sadrajuddin Nurdin.

Konsep Dasar IPS. Bandung:

UPI Press.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori

Belajar dan Pembelajaran, Bogor:

Ghalia Indonesia.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses dan

Hasil Belajar Mengajar. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Syahadatun, Dinia Camilah. 2014. Penerapan

Pendekatan Contextual Teaching

and Learning (CTL) Untuk

Membantu Siswa Mengatasi

Kesalahan dalam Menyelesaikan

Soal Cerita Pokok Bahasan Bilangan

Bulat Siswa Kelas VII Semester

Ganjil SMP Pluss Miftahul Arifin

Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal

FKIP Universitas Jember, vol.3,

no.3.

Syaodih,Nana Sukmadinata. 2007. Landasan

Psikologi Proses Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.  Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Imam Bonjol Padang Published by. Contact Us Mahmud Email pgmi@uinib.ac.id Telp. 082389506600