PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dalam
delapan kali pertemuan. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang di dapat yaitu meningkatnya
hasil belajar siswa yang meliputi tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Peningkatan hasil belajar kognitif siswa naik sebanyak 22,92% dengan perolehan presentase
ketuntasan 55,56% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa) pada posttes siklus I
menjadi 81,48% pada posttes siklus II (siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa).
Peningkatan Hasil belajar afektif siswa pada siklus I yaitu 59,26% kemudian mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 88,89%. Sedangkan hasil belajar psikomotorik siswa
memperoleh rara-rata presentase ketuntasan 68,52% dan meningkat menjadi 90,74% pada
sikulus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.406
Abstract views : 216 times
PDF : 3 times
References
Badar, Trianto Ibnu al-Tabany. 2014.
Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif, Progresif, Dan
Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Budi Susetyo. 2010. Statistika untuk Analisis
Data Penelitian. Bandung: PT
Refika Aditama.
Eko, Agung Purwana, dkk. 2009.
Pembelajaran IPS MI Edisi
Pertama. Surabaya: LAPIS PGMI.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran
Kontekstual Konsep dan Aplikasi.
Bandung: PT Refika Aditama.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: CV Pustaka
Setia.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, Ngalim. 2006. Prisip-Prinsp dan
Teknik Evaluasi Pembelajaran.
Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. 2011. Pembelajaran dalam
Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group.
Sapriya, Susilawati, dan Sadrajuddin Nurdin.
Konsep Dasar IPS. Bandung:
UPI Press.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori
Belajar dan Pembelajaran, Bogor:
Ghalia Indonesia.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses dan
Hasil Belajar Mengajar. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Syahadatun, Dinia Camilah. 2014. Penerapan
Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) Untuk
Membantu Siswa Mengatasi
Kesalahan dalam Menyelesaikan
Soal Cerita Pokok Bahasan Bilangan
Bulat Siswa Kelas VII Semester
Ganjil SMP Pluss Miftahul Arifin
Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal
FKIP Universitas Jember, vol.3,
no.3.
Syaodih,Nana Sukmadinata. 2007. Landasan
Psikologi Proses Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.