UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG
Abstract
Hasil Belajar PPKN siswa kelas IV MIN Gunung Pangilun Kota Padang masih
rendah. Menyikapi kenyataan tersebut, dilakukan pembelajaran menggunakan metode
bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar PPKN siswa dengan menggunakan metode bermain
peran. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I ditunjukkan dengan nilai rata-rata
sebesar 75 dan siklus II 85. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
PPKN siswa, dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 95 %.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.409
Abstract views : 171 times
PDF : 23 times
References
Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran:
Menciptakan Proses Belajar Mengajar
yang Kreatif dan Efektif. Rineka Cipta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silabus PPKN SD/ MI, Jakarta:
Kemendikbud
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendikbud Nomor 24 Tahun
Tentang Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar. Jakarta:
Kemendikbud.
Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013. Rineka
Cipta.
Nana Syaodih Mulyani Sumantri. 2007.
Perkembangan Peserta Didik. Jakarta,
Universitas Terbuka.
Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. 2012.
Kurikulum dan Pembelajaran
Kompetensi. Bumi Aksara
Ritawati. 2008. Hand Out Mata Kuliah
Metodologi Penelitian Tindakan Kelas.
UNP.
Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.