UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG

Prideswita Prideswita

Abstract


Hasil Belajar PPKN siswa kelas IV MIN Gunung Pangilun Kota Padang masih
rendah. Menyikapi kenyataan tersebut, dilakukan pembelajaran menggunakan metode
bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Metode penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar PPKN siswa dengan menggunakan metode bermain
peran. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I ditunjukkan dengan nilai rata-rata
sebesar 75 dan siklus II 85. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar
PPKN siswa, dimana nilai ketuntasan belajar yang diperoleh sudah mencapai 95 %.


Keywords


PPKN, Metode Bermain Peran, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.409
Abstract views : 171 times
PDF : 23 times

References


Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran:

Menciptakan Proses Belajar Mengajar

yang Kreatif dan Efektif. Rineka Cipta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Silabus PPKN SD/ MI, Jakarta:

Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud Nomor 24 Tahun

Tentang Kompetensi Inti dan

Kompetensi Dasar. Jakarta:

Kemendikbud.

Mulyasa, E. 2014. Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013. Rineka

Cipta.

Nana Syaodih Mulyani Sumantri. 2007.

Perkembangan Peserta Didik. Jakarta,

Universitas Terbuka.

Nana Syaodih dan Erliana Syaodih. 2012.

Kurikulum dan Pembelajaran

Kompetensi. Bumi Aksara

Ritawati. 2008. Hand Out Mata Kuliah

Metodologi Penelitian Tindakan Kelas.

UNP.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.