UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG
Abstract
Jumlah guru yang lengkap administrasi kelas masih rendah. Menyikapi kenyataan
tersebut, dilakukan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi
guru dalam pengelolaan administrasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan jumlah guru yang lengkap administrasi kelas melalui supervisi klinis yang
dilakukan Kepala MIN Gunung Pangilun Kota Padang. Jumlah guru yang lengkap
administrasi kelas pada siklus I sebanyak 16 orang dan meningkat pada siklus menjadi 23
orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam
pengelolaan administrasi kelas, dimana jumlah guru yang lengkap administrasi kelas sudah
mencapai 92 %.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.411
Abstract views : 149 times
PDF : 26 times
References
Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen.
Pengelolaan Kelas. Seri
Peningkatan Mutu 2. Jakarta :
Depdagri dan Depdikbud.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The
Action Research Planner. Victoria
Dearcin University Press.
Maman, Rachman. 1999. Manajemen
Kelas, Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi
dan Supervisi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka
Presiden Republik Indonesia. 2005.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun
Tentang Guru dan Dosen.
Jakarta: Menteri Hukum dan HAM
Ritawati. 2008. Hand Out Mata Kuliah
Metodologi Penelitian Tindakan
Kelas. UNP.
Suhertian dkk. 1990. Supervisi Pendidikan
dalam Rangka Program In-service
Education. Jakarta: Rineka Cipta
RC.020.90
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi
Pendidikan. Jakarta: Departemen
Agama Universitas Terbuka.
Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi
Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.