UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MIN GUNUNG PANGILUN KOTA PADANG

Yakub Yakub

Abstract


Jumlah guru yang lengkap administrasi kelas masih rendah. Menyikapi kenyataan
tersebut, dilakukan supervisi klinis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi
guru dalam pengelolaan administrasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan jumlah guru yang lengkap administrasi kelas melalui supervisi klinis yang
dilakukan Kepala MIN Gunung Pangilun Kota Padang. Jumlah guru yang lengkap
administrasi kelas pada siklus I sebanyak 16 orang dan meningkat pada siklus menjadi 23
orang. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi guru dalam
pengelolaan administrasi kelas, dimana jumlah guru yang lengkap administrasi kelas sudah
mencapai 92 %.


Keywords


Kompetensi Guru, Supervisi Klinis, Pengelolaan Administrasi Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.411
Abstract views : 149 times
PDF : 26 times

References


Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen.

Pengelolaan Kelas. Seri

Peningkatan Mutu 2. Jakarta :

Depdagri dan Depdikbud.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The

Action Research Planner. Victoria

Dearcin University Press.

Maman, Rachman. 1999. Manajemen

Kelas, Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi

dan Supervisi Pendidikan.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka

Presiden Republik Indonesia. 2005.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun

Tentang Guru dan Dosen.

Jakarta: Menteri Hukum dan HAM

Ritawati. 2008. Hand Out Mata Kuliah

Metodologi Penelitian Tindakan

Kelas. UNP.

Suhertian dkk. 1990. Supervisi Pendidikan

dalam Rangka Program In-service

Education. Jakarta: Rineka Cipta

RC.020.90

Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi

Pendidikan. Jakarta: Departemen

Agama Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.