PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH

Zulvia Trinova

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap strategi
dan teknik pembelajaran.Guru tidak menyampaikan pembelajaran sesuai dengan langkahlangkah

strategi yang digunakan dalam proses belajar.Guru terlalu cepat menyampaikan
materi.Kurangnya ke aktifan siswa dalam belajar.Siswa kurang fokus memperhatikan materi
yang di sampaikan guru. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta kendala-kendala dalam penggunaan
strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV
MIN Kota Solok.
Penelitian ini adalah field researchdengan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah yang pertama data primer dari guru kelas IV dan siswa kelas 

IV MIN Kota Solok, selanjutnya data sekunder Kepala MIN Kota Solok. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Temuan penelitian adalah: (1) pada perencanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), guru kelas IV telah nenyiapkan RPP, namun tidak sesuai dengan langkahlangkah

Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking), (2) Pelaksanaan pembelajaran
dalam pelaksanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran
Fiqih sudah dilaksanakan, namun pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah-langkahnya.
(3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), yaitu guru kesulitan dalam membuat bahan ajar, guru mengalami kesulitan
biaya dalam membuat bahan ajar, alokasi waktu yang tidak cukup.Penulis menyimpulkan
bahwa penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) tidak sesuai dengan
langkah-langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) dan penulis
menyarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan
langkah-langkah strategi yang di gunakan saat pembelajaran serta menyesuaikan dengan
tujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahui karakteristik siswa dan kondisi
pembelajaran.


Keywords


Strategi Catatan Terbimbing, Guided note Taking, Fiqih

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.414
Abstract views : 680 times
PDF : 766 times

References


Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H.

(1988). Pembinaan kemampuan

menulis bahasa Indonesia. Erlangga.

Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode

Peta Pikiran Berbantuan Objek

Langsung untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis Deskripsi.

Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,

(1).

Bakry, S. N. (2003). Fiqh dan Ushul Fiqh, cet.

IV. Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi

belajar mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar.

Jakarta: Grasindo.

Kurnia, I., & others. (2007). Perkembangan

Belajar Peserta Didik. Jakarta:

Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Departemen Pendidikan

Nasional.

Muhibbin, S. (2004). Psikologi Pendidikan

dengan Pendekatan Baru. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Nasional, U. S. P. (2003). UU RI No. 20

Tahun 2003. Jakarta, Sinar Grafika.

Pratiwi, Y., Kartono, R., & others. (2016).

Peningkatan Keterampilan Menulis

Deskripsi Menggunakan Quantum

Writing. Jurnal Didaktika Dwija

Indria (SOLO), 4(9).

Rofiq, A. (1995). Hukum islam di Indonesia.

RajaGrafindo Persada.

Rusman, M. P., & Pd, M. (2011). ModelModel

Pembelajaran. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar

dan Micro Teaching. Jakarta:

Quantum Teaching.

Silberman, M. (2009). Active Learning 101

Strategi Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana, N. (2006). Penilai Hasil Proses

Belajar Mengajar, Bandung: Remaja

Rosdakarya, Cet. XI.

Sugiyono, M. P. K. (2008). kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta, 124.

Suharsimi, A. (2002). Metodologi penelitian.

Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning:

teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka

Pelajar.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar

Mengajar di Sekolah: wawasan baru,

beberapa metode pendukung, dan

beberapa komponen layanan khusus.

Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A.

(2002). Strategi Pembelajaran Aktif di

Pserguruan Tinggi. Centre for

Teaching Staff Development (CTSD)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.