PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING (GUIDED NOTE TAKING) DALAM PEMBELAJARAN FIQIH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap strategi
dan teknik pembelajaran.Guru tidak menyampaikan pembelajaran sesuai dengan langkahlangkah
strategi yang digunakan dalam proses belajar.Guru terlalu cepat menyampaikan
materi.Kurangnya ke aktifan siswa dalam belajar.Siswa kurang fokus memperhatikan materi
yang di sampaikan guru. Kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta kendala-kendala dalam penggunaan
strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV
MIN Kota Solok.
Penelitian ini adalah field researchdengan metode kualitatif jenis deskriptif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah yang pertama data primer dari guru kelas IV dan siswa kelas
IV MIN Kota Solok, selanjutnya data sekunder Kepala MIN Kota Solok. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Temuan penelitian adalah: (1) pada perencanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), guru kelas IV telah nenyiapkan RPP, namun tidak sesuai dengan langkahlangkah
Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking), (2) Pelaksanaan pembelajaran
dalam pelaksanaan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) pada mata pelajaran
Fiqih sudah dilaksanakan, namun pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah-langkahnya.
(3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided
Note Taking), yaitu guru kesulitan dalam membuat bahan ajar, guru mengalami kesulitan
biaya dalam membuat bahan ajar, alokasi waktu yang tidak cukup.Penulis menyimpulkan
bahwa penerapan Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) tidak sesuai dengan
langkah-langkah Strategi Catatan Terbimbing (Guided Note Taking) dan penulis
menyarankan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang disesuaikan dengan
langkah-langkah strategi yang di gunakan saat pembelajaran serta menyesuaikan dengan
tujuan pembelajaran, guru juga harus mengetahui karakteristik siswa dan kondisi
pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.414
Abstract views : 680 times
PDF : 766 times
References
Akhadiah, S., Arsjad, M. G., & Ridwan, S. H.
(1988). Pembinaan kemampuan
menulis bahasa Indonesia. Erlangga.
Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode
Peta Pikiran Berbantuan Objek
Langsung untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Deskripsi.
Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran,
(1).
Bakry, S. N. (2003). Fiqh dan Ushul Fiqh, cet.
IV. Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi
belajar mengajar. Jakarta: Rineka
Cipta.
Gulo, W. (2002). Strategi belajar mengajar.
Jakarta: Grasindo.
Kurnia, I., & others. (2007). Perkembangan
Belajar Peserta Didik. Jakarta:
Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi Departemen Pendidikan
Nasional.
Muhibbin, S. (2004). Psikologi Pendidikan
dengan Pendekatan Baru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Nasional, U. S. P. (2003). UU RI No. 20
Tahun 2003. Jakarta, Sinar Grafika.
Pratiwi, Y., Kartono, R., & others. (2016).
Peningkatan Keterampilan Menulis
Deskripsi Menggunakan Quantum
Writing. Jurnal Didaktika Dwija
Indria (SOLO), 4(9).
Rofiq, A. (1995). Hukum islam di Indonesia.
RajaGrafindo Persada.
Rusman, M. P., & Pd, M. (2011). ModelModel
Pembelajaran. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sabri, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar
dan Micro Teaching. Jakarta:
Quantum Teaching.
Silberman, M. (2009). Active Learning 101
Strategi Pembelajaran Aktif.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sudjana, N. (2006). Penilai Hasil Proses
Belajar Mengajar, Bandung: Remaja
Rosdakarya, Cet. XI.
Sugiyono, M. P. K. (2008). kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta, 124.
Suharsimi, A. (2002). Metodologi penelitian.
Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning:
teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka
Pelajar.
Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar
Mengajar di Sekolah: wawasan baru,
beberapa metode pendukung, dan
beberapa komponen layanan khusus.
Jakarta: Rineka Cipta.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A.
(2002). Strategi Pembelajaran Aktif di
Pserguruan Tinggi. Centre for
Teaching Staff Development (CTSD)
Refbacks
- There are currently no refbacks.