PENERAPAN METODE LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 136 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kelas II
Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru kemungkinan disebabkan metode mengajar yang
digunakan guru kurang efisien. Dari pengamatan terdapat 17,9% dari jumlah siswa kelas II
yang ada di Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru tidak tuntas dalam membaca. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah
Dasar Negeri 136 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
kolaboratif. Dikatakan sebagai penelitian kolaboratif karena dalam PTK ini melibatkan
peneliti sebagai observer yang akan memperhatikan segala tindakan peneliti dan dampaknya
dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa
dalam kemampuan membaca permulaan mengalami peningkatan. Di mana diketahui dari
data awal adalah 62,7 (kategori kompeten) dengan ketuntasan 17,9% siswa atau 5 orang.
Siklus pertama pertemuan pertama diperoleh rata-rata 67,0 (cukup kompeten) dengan
ketuntasan 39,3% siswa atau 11 orang, siklus pertama pertemuan kedua diperoleh rata-rata
70,1 (kompeten) dengan ketuntasan 53,6% siswa atau 15 orang, siklus kedua pertemuan
pertama diperoleh rata-rata 76,3 (kompeten) dengan ketuntasan 67,9% siswa atau 19 orang,
dan siklus kedua pertemuan kedua diperoleh rata-rata 85,5 (kompeten) dengan ketuntasan
100% siswa atau 28 orang. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.419
Abstract views : 216 times
PDF : 196 times
References
Abdullah. 1990. dalam
http://id.forums.wordpress.com/topic/p
eningkatan-kemampuan-membacacepat-dengan-menggunakan-metodespeed-reading
Ahmadi, Abu dan Prasetya, Tri Joko. 2005.
Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
CV Pustaka Setia.s
Anderson, R. C. 1972. Language Skills in
Elementary Education. New York
Depdikbud.2002. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud.1995. Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiah Bahasa
Indonesia. Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Gibbons, Paulina. 1993. Learning to Learn in
a Second Language. Australia
Razak, Abdul. 2000. Membaca Permulaan.
Pekanbaru: UNRI Press.
Roestiyah NK. 1985. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Slamet. 2007. Dasar-dasar Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia di
Sekolah dasar. Surakarta: Lembaga
Pengembangan Pendidikan (LPP)
UNS dan UPT. Penerbitan dan
Percetakan UNS UNS Press)
Sri Nuryati. 2007. Pembelajaran Membaca
Permulaan Melalui Permainan
Bahasa Di Kelas Awal Sekolah
Dasar. Jurnal Sekolah Dasar,
(Online), (http://www. Google.com,
diakses 7 Desember 2007)
Syafi’ie. 1999. dalam
http://lindaajja.wordpress.com/2011/0
/18/proses-membaca-dan-menulispermulaan-pada-anak-sd-dikelasrendah/
Tarigan. 1979. Membaca Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa
----. 2001. Pendidikan Keterampilan
Berbahasa. Jakarta: Universitas
Terbuka
Refbacks
- There are currently no refbacks.