STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS-HADIS IBADAH PADA MATERI AJAR KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN DASAR KOTA PADANG

Marhamah Marhamah

Abstract


Hadis memiliki peranan dalam menetapkan hukum dan tata cara pelaksanaan ibadah
dalam Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi hadis dalam syariat Islam yaitu menetapkan hukum
yang belum ada dalam al-Quran, dan sebagai dasar bagi pengamalan syariat Islam. Apabila
dikaitkan dengan keilmuan Pendidikan Islam, hadis dan ibadah merupakan salah satu kajian
yang menjadi bagian materi Pendidikan Islam. Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah dan
hidup di muka bumi ini mempunyai banyak tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan. Tetapi
diantara tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban yang pokok yang harus dikerjakan, tidak dapat di
tinggalkan dan tidak dapat diwakilkan adalah ibadah kepada Allah. Supaya manusia memahami
bahwa adanya Allah mewajibkan manusia dan jin untuk beribadah kepada Allah adalah sebab
ketika di alam ruh Allah telah menawarkan amanah agama kepada semua hamba-Nya yang telah
diciptakan pada waktu itu. Dan manusialah yang sanggup melaksanakan amanah agama tersebut.
Petunjuk-petunjuk untuk pelaksanaan ibadah ada terdapat dalam al-Qur’an dan juga terdapat
dalam hadis Nabi. Oleh sebab itu kedua sumber ajaran Islam itu harus dipahami dengan baik
bagaimana melaksanakan ibadah tersebut. Berkenaan dengan hadis tersebut, maka yang kami
maksud dengan hadis ibadah adalah hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang tatacara
beribadah dalam Islam. Namun yang penulis maksud dalam pengertian hadis ibadah tersebut
adalah hadis-hadis yang berkenaan dengan ibadah khusus atau mahdah yang mempunyai
ketentuan-ketentuan dalam pelaksanaannya.


Keywords


Tahrij, Hadist, Fiqh Ibadah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.420
Abstract views : 244 times
PDF : 1330 times

References


M. Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadis, Ulumuhu wa

Musthalahuhu, Beirut: Daar al-Fikr, 1999

Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin,

Musthalah Al Hadis, Yogyakarta: Media

Hidayah, 2006

Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama

Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015

Abu Ahmadi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama

Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994

Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Van

Hoeve, 1993

Mahmud Thahhan, Ushul al-Takhrij wa Dirasat

al-Asanid, T.tp: Matba’ah alArabaiyah,t.th

Sa’ad ibn Abdillah Ali Humaid, Thuruq Takhrij

al-Hadis, Beirut: Dar Ulum al-Sunnah li

Nashr, 2000

M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis

Nabi, Jakarta: Bulan Bintang, 1992

Bustamin dkk, Metodologi Kritik Hadis,

Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada, 2005)

Direktorat Sekolah Menengah Pertama (2006),

Pedoman Memiliah dan Menyusun Bahan

Ajar, Jakarta: Direktorat Sekolah

Menengah Umum Departemen

Pendidikan Nasional

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar

Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991

Purwo Sutanto, Pengembangan Bahan Ajar,

edukasi.kompasiana.com, diakses 14

Desember 2010

Sardjono, Pendidikan

(infopendidikankita.blogspot.com, diakses

September 2010)

Artikel Digital Learning. Sabtu, 22 Mei 2004.

http://www.impalaunibraw.org

didownload pada tanggal 20 Mei 2007.

Hardjito. 2002. Internet Untuk Pembelajaran.

http://www.pustekkom.go.id. Di

download pada tanggal 21 Mei 2007.

Hidayah, Isti, dkk. 2006. Workshop Pendidikan

PAI 2, Semarang: Jurusan PAI UNNES.

Indrianto, Lis. 1998, Pemanfaatan Lembar Kerja

Siswa Dalam Pengajaran PAI Sebagai

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI,

Semarang: IKIP Semarang.

Suyitno, Amin, dkk. 1997, Dasar dan Proses

Pembelajaran PAI, Semarang: FMIPA

Unnes.

S.T. Vebrianto, Pengantar Pengajaran Modul,

Yogyakarta: Yayasan Pendidikan

Paramita, 1985

Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada

Sekolah (2010): Modul Pengembangan

Pendidikan Islam Pada Sekolah, Jakarta,

Direktorat Pendidikan Agama Islam,

Kementerian Agama RI

Muhaimin, 2003, Arah Baru Pengembangan

Pendidikan Islam, Bandung: Nuansa.

Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum,

Sekolah Umum, Madrasah dan

Perguruasn Tinggi, Bandung: Nuansa.

Tarmizi Taher, 1996, Prospek Pendidikan

Agama dan Pendidikan Keagamaan

dalam Pembangunan Pendidikan

Nasional, Ujungpandamng: Ceramah

Menteri Agama pada Konvensi Nasional

Pendidikan Nasional III, tanggal 4-7

Maret.

Zainuddin, M. 2008, Paradigma Pendidikan

Terpadu: Menuju Pembentukan Generasi

Ulul Albab, Malang: UIN Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.