STUDI KUALITAS DAN PEMAHAMAN HADIS-HADIS IBADAH PADA MATERI AJAR KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN DASAR KOTA PADANG
Abstract
Hadis memiliki peranan dalam menetapkan hukum dan tata cara pelaksanaan ibadah
dalam Islam. Hal ini sesuai dengan fungsi hadis dalam syariat Islam yaitu menetapkan hukum
yang belum ada dalam al-Quran, dan sebagai dasar bagi pengamalan syariat Islam. Apabila
dikaitkan dengan keilmuan Pendidikan Islam, hadis dan ibadah merupakan salah satu kajian
yang menjadi bagian materi Pendidikan Islam. Sebagai manusia yang diciptakan oleh Allah dan
hidup di muka bumi ini mempunyai banyak tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan. Tetapi
diantara tugas-tugas dan kewajiban-kewajiban yang pokok yang harus dikerjakan, tidak dapat di
tinggalkan dan tidak dapat diwakilkan adalah ibadah kepada Allah. Supaya manusia memahami
bahwa adanya Allah mewajibkan manusia dan jin untuk beribadah kepada Allah adalah sebab
ketika di alam ruh Allah telah menawarkan amanah agama kepada semua hamba-Nya yang telah
diciptakan pada waktu itu. Dan manusialah yang sanggup melaksanakan amanah agama tersebut.
Petunjuk-petunjuk untuk pelaksanaan ibadah ada terdapat dalam al-Qur’an dan juga terdapat
dalam hadis Nabi. Oleh sebab itu kedua sumber ajaran Islam itu harus dipahami dengan baik
bagaimana melaksanakan ibadah tersebut. Berkenaan dengan hadis tersebut, maka yang kami
maksud dengan hadis ibadah adalah hadis-hadis nabi yang menjelaskan tentang tatacara
beribadah dalam Islam. Namun yang penulis maksud dalam pengertian hadis ibadah tersebut
adalah hadis-hadis yang berkenaan dengan ibadah khusus atau mahdah yang mempunyai
ketentuan-ketentuan dalam pelaksanaannya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i1.420
Abstract views : 244 times
PDF : 1330 times
References
M. Ajjaj al-Khatib, Ushul al-Hadis, Ulumuhu wa
Musthalahuhu, Beirut: Daar al-Fikr, 1999
Syeikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin,
Musthalah Al Hadis, Yogyakarta: Media
Hidayah, 2006
Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama
Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015
Abu Ahmadi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama
Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1994
Tim Penyusun, Ensiklopedi Islam, Jakarta: Van
Hoeve, 1993
Mahmud Thahhan, Ushul al-Takhrij wa Dirasat
al-Asanid, T.tp: Matba’ah alArabaiyah,t.th
Sa’ad ibn Abdillah Ali Humaid, Thuruq Takhrij
al-Hadis, Beirut: Dar Ulum al-Sunnah li
Nashr, 2000
M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis
Nabi, Jakarta: Bulan Bintang, 1992
Bustamin dkk, Metodologi Kritik Hadis,
Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Arsyad Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada, 2005)
Direktorat Sekolah Menengah Pertama (2006),
Pedoman Memiliah dan Menyusun Bahan
Ajar, Jakarta: Direktorat Sekolah
Menengah Umum Departemen
Pendidikan Nasional
Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar
Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1991
Purwo Sutanto, Pengembangan Bahan Ajar,
edukasi.kompasiana.com, diakses 14
Desember 2010
Sardjono, Pendidikan
(infopendidikankita.blogspot.com, diakses
September 2010)
Artikel Digital Learning. Sabtu, 22 Mei 2004.
http://www.impalaunibraw.org
didownload pada tanggal 20 Mei 2007.
Hardjito. 2002. Internet Untuk Pembelajaran.
http://www.pustekkom.go.id. Di
download pada tanggal 21 Mei 2007.
Hidayah, Isti, dkk. 2006. Workshop Pendidikan
PAI 2, Semarang: Jurusan PAI UNNES.
Indrianto, Lis. 1998, Pemanfaatan Lembar Kerja
Siswa Dalam Pengajaran PAI Sebagai
Upaya Peningkatan Prestasi Belajar PAI,
Semarang: IKIP Semarang.
Suyitno, Amin, dkk. 1997, Dasar dan Proses
Pembelajaran PAI, Semarang: FMIPA
Unnes.
S.T. Vebrianto, Pengantar Pengajaran Modul,
Yogyakarta: Yayasan Pendidikan
Paramita, 1985
Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada
Sekolah (2010): Modul Pengembangan
Pendidikan Islam Pada Sekolah, Jakarta,
Direktorat Pendidikan Agama Islam,
Kementerian Agama RI
Muhaimin, 2003, Arah Baru Pengembangan
Pendidikan Islam, Bandung: Nuansa.
Muhaimin, 2005, Pengembangan Kurikulum,
Sekolah Umum, Madrasah dan
Perguruasn Tinggi, Bandung: Nuansa.
Tarmizi Taher, 1996, Prospek Pendidikan
Agama dan Pendidikan Keagamaan
dalam Pembangunan Pendidikan
Nasional, Ujungpandamng: Ceramah
Menteri Agama pada Konvensi Nasional
Pendidikan Nasional III, tanggal 4-7
Maret.
Zainuddin, M. 2008, Paradigma Pendidikan
Terpadu: Menuju Pembentukan Generasi
Ulul Albab, Malang: UIN Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.