MENUJU PENDIDIKAN KEMANDIRIAN: Gagasan Penting dari Pesantren
Abstract
Kemandirian merupakan salah satu karakter yang harus dikembangkan. Salah satu
lembaga pendidikan yang menerapkan kemandirian adalah pondok pesantren. Kemandirian santri di pondok pesantren dapat terbentuk karena beberapa alasan, yaitu sebagai berikut:Pondok pesantren menanamkan prinsip kemandirian dalam proses pembelajaran (pengajian) dan kurikulum;Pondok pesantren memberikan bekal berbagai macam life skill keterampilan pada santri sehingga mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari;Pondok pesantren memberikan bekal pengetahuan leadership (kepemimpinan) dan mengarahkan aplikasinya pada saat santri masih di pondok pesantren atau sudah terjun ke masyarakat;Pondok pesantren memberikan bekal pengetahuan entrepreneursip (kewirausahaan) kepada santri agar mereka mampu meningkatkan taraf ekonomi dan lingkungan sosialnya; dan Pondok pesantren tetap mempertahankan cara hidup yang penuh “ikhtiar”, tidak mengandalkan cara hidup yang instanKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.422
Abstract views : 325 times
PDF : 934 times
References
Abudin Nata, Metodologi Studi Islam,
Jakarta: Raja Grafindo, 2000
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas, 2010
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Bahan Pelatihan:Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa),Jakarta: Kemendiknas, 2010
Depag, Grand Design Pendidikan Keagamaan dan Pondok pesantren, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004
Depag, Pengembangan Metodologi Pembelajaran di Salafiyah, Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam,
Djamaludin, Kapita Selekta Pendidikan
Islam,Bandung: Pustaka Setia, 1998
Hanun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam,
Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam,Jakarta: Rajawali Press, 2000
HM Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta : Rineka Cipta,
http:/daffodilmuslimah.multply.com.journal/it em/162
http:/tugasayan.blogspot.com/2010/10/keman dirian.html.
http:/tugasayan.blogspot.com/2010/10/keman dirian.html.
Karel A Stenbrink..Pondok pesantren, Madrasah, dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES,1994
M.Dawam Rahadjo (ed.), Pesantren dan
Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1988
Martin Van Bruissen. Kitab Kuning: Pondok pesantren dan Tarekat,Bandung: Mizan, 1995
Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan
Islam, Jakarta : Dirjen Binbaga Islam,
Marzuki Wahid, et.al, Pondok pesantren Masa Depan,Jakarta : Pustaka al- Husna, 2002
Muhammad Said, Pendidikan dari Zaman ke
Zaman, Bandung: Tarsito, 1987
Nurchalish Madjid, Bilik-Bilik Pondok pesantren,Jakarta: Paramadina, 1997
www.artikata.com/arti-339676-mandiri.html www.pendidikan.com, tanggal 17 Oktober
Zaini Dahlan, Dunia Pemikiran Kaum
Santri,Yogyakarta :LPKSM, 1995
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai,Jakarta: LP3ES
Refbacks
- There are currently no refbacks.