MENUJU PENDIDIKAN KEMANDIRIAN: Gagasan Penting dari Pesantren

Rudi Ahmad Suryadi

Abstract


Kemandirian merupakan salah satu karakter yang harus dikembangkan. Salah satu

lembaga pendidikan yang menerapkan kemandirian adalah pondok pesantren. Kemandirian santri di pondok pesantren dapat terbentuk karena beberapa alasan, yaitu sebagai berikut:Pondok pesantren menanamkan prinsip kemandirian dalam proses pembelajaran (pengajian) dan kurikulum;Pondok pesantren memberikan bekal berbagai macam life skill keterampilan pada santri sehingga mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari;Pondok pesantren memberikan bekal pengetahuan leadership (kepemimpinan) dan mengarahkan aplikasinya pada saat santri masih di pondok pesantren atau sudah terjun ke masyarakat;Pondok pesantren memberikan bekal pengetahuan entrepreneursip (kewirausahaan) kepada santri agar mereka mampu meningkatkan taraf ekonomi dan lingkungan sosialnya; dan Pondok pesantren tetap mempertahankan cara hidup yang penuh “ikhtiar”, tidak mengandalkan cara hidup yang instan

Keywords


Pondok Pesantren dan Kemandirian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.422
Abstract views : 365 times
PDF : 983 times

References


Abudin Nata, Metodologi Studi Islam,

Jakarta: Raja Grafindo, 2000

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas, 2010

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Bahan Pelatihan:Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa),Jakarta: Kemendiknas, 2010

Depag, Grand Design Pendidikan Keagamaan dan Pondok pesantren, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004

Depag, Pengembangan Metodologi Pembelajaran di Salafiyah, Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam,

Djamaludin, Kapita Selekta Pendidikan

Islam,Bandung: Pustaka Setia, 1998

Hanun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam,

Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2000

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam,Jakarta: Rajawali Press, 2000

HM Arifin, Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta : Rineka Cipta,

http:/daffodilmuslimah.multply.com.journal/it em/162

http:/tugasayan.blogspot.com/2010/10/keman dirian.html.

http:/tugasayan.blogspot.com/2010/10/keman dirian.html.

Karel A Stenbrink..Pondok pesantren, Madrasah, dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES,1994

M.Dawam Rahadjo (ed.), Pesantren dan

Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1988

Martin Van Bruissen. Kitab Kuning: Pondok pesantren dan Tarekat,Bandung: Mizan, 1995

Marwan Saridjo, Bunga Rampai Pendidikan

Islam, Jakarta : Dirjen Binbaga Islam,

Marzuki Wahid, et.al, Pondok pesantren Masa Depan,Jakarta : Pustaka al- Husna, 2002

Muhammad Said, Pendidikan dari Zaman ke

Zaman, Bandung: Tarsito, 1987

Nurchalish Madjid, Bilik-Bilik Pondok pesantren,Jakarta: Paramadina, 1997

www.artikata.com/arti-339676-mandiri.html www.pendidikan.com, tanggal 17 Oktober

Zaini Dahlan, Dunia Pemikiran Kaum

Santri,Yogyakarta :LPKSM, 1995

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai,Jakarta: LP3ES


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Awlad