Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial

Zulfahmi HB

Abstract


Bahasa  Indonesia  sebagai  bahasa  nasional  pada  awalnya  tertuang  dalam  Sumpah

Pemuda, 28 Oktober 1928, dan ditetapkan sebagai bahasa negara dalam Pasal 36 UUD 1945, bahasa Indonesia hingga saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan itu telah mengantarkan bahasa Indonesia sebagai lambang jati diri bangsa dan sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa yang berbeda-beda latar belakang sosial, budaya, agama,  dan  bahasa  daerahnya.  Di  samping  itu,  bahasa  Indonesia  juga  telah  mampu mengemban fungsinya sebagai sarana komunikasi yang modern dalam penyelenggaraan pemerintahan, pendidikan, dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi dan seni.

Akhir-akhir ini berbagai permasalahan tentang program BIPA, perihal instruksional (pembelajaran) merupakan isu yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan tersendiri. Pentingnya  isu  pembelajaran  ini  tidak  hanya  karena  cukup  dominannya  dibahas  pada berbagai forum pertemuan BIPA, melainkan persoalan pembelajaran memang memiliki peran cukup esensial dan strategis dalam program BIPA. Peranan pembelajaran terutama terkait dengan upaya penciptaan dan pengkondisian belajar BIPA. Dalam program BIPA, pengkondisian belajar berhubungan secara langsung dengan proses belajar mengajar yang dapat diamati mekanisme serta hasilnya (Long, 1987; Rodgers, 1990; Baradja, 1991). Bahkan, secara empiris dinyatakan, bahwa problematik yang sering muncul dalam penyelenggaraan program BIPA banyak bersumber pada persoalan pembelajaran (Kartomihardjo, 1996).


Keywords


Pembelajaran, BIPA, Model Pembelajaran, Tutorial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.429
Abstract views : 3088 times
PDF : 10899 times

References


Adryansyah. 2012. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) ―Profil BIPA Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa‖. Jakarta: Tim BIPA BPPB.

Alwasilah, Chaedar A. 1998. ―Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Pembelajar Asing”. Makalah Kongres Bahasa Indonesia VII. Jakarta, 26-30 Oktober

Baradja, M.F. 1994. Why The Communicative Language Teaching? Makalah Seminar on Communicative Approach in Foreign Language Teaching in Indonesia. FPBS IKIP Malang, 14

November.

Brooks, J.G dan M.G. Brooks. 1999. In Search of Understanding, The Case of Constructivist Classrooms. Virginia USA: ASCD.

Chaudron, Craig. 1990. Second Language Classroom: Research on Teaching and Learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Cook, Vivian. 1994. Linguistic and Second Language Acquisition. London: The Macmilan Press Ltd.

Dardjowidjojo, Soenjono. 1993. ―Peningkatan Peran Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing‖. Makalah Kongres Bahasa Indonesia VI. Jakarta:

Oktober – 2 November 1993.

Dardjowidjojo, Soenjono. 1996. Masalah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing di Indonesia: dalam Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: FS UI.

Kartomihardjo, Soeseno. 1996.

Penyelenggaraan BIPA: Beberapa Hambatan dan Usaha Penanggulangannya. Kumpulan Makalah Kongres Internasional BIPA. Jakarta: Listakwarta Putra.

Krashen, S.D. dan Terrel. Tracey. D. 1983.

The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Oxford: Pergamon Press.

Moeliono, Anton M. 1998. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Makalah Kongres Bahasa Indonesia VII. Jakarta. 26-30 Oktober

Nunan, David. 1993. Designing Tasks for Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.

Sneddon, James. 1994. ―Pengajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Imersi di Park Ridge Brisbane Australia‖. Makalah KIPBIPA I (TISOL). Salatiga: UKSW.

Stern, H.H. 1987. Fundamental Concepts of Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Subyakto N, Sri Utari. 1988. Metodologi

Widodo Hs. 1994. ―Meningkatkan Motivasi dan Pajanan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing‖. Makalah KIPBIPA I (TISOL). Salatiga: UKSW.

Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT . 2001. ―(BIPA) Pembelajaran

PPLPTK.

Sudjana, Nana. 1989. Teknologi Pengajaran.

Bandung: Sinar Baru.

Richards, Jack C. dan Rodgers, Theodore S.

Approach and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Model Tutorial‖. Makalah CIS-BIPA- Universitas Malang.

Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengajaran.

Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.