KOMPETENSI GURU KELAS MADRASAH IBTIDAIYAH

Aziza Meria

Abstract


Guru kelas MI adalah guru kelas yang mengajar mata pelajaran inti di lembaga pendidikan dasar yaitu pelajara Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial,  Pendidikan  Kewarganegaraan,  dan  Bahasa  Indonesia.  Realitanya  mereka  juga dituntut untuk mampu mengintegrasikan nilai nilai Islam pada mata pelajaran tersebut, bahkan mengajarkan mata pelajaran keislaman lainnya. Oleh sebab itu perlu dikaji kembali kompetensi yang harus dimiliki oleh guru kelas MI di samping kompetensi guru dan guru kelas yaitu kompetensi keagamaan.


Keywords


Kompetensi, Guru Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.430
Abstract views : 870 times
PDF : 2536 times

References


Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam: Tradisi

dan Modernisme Menuju

Millenium Baru, Jakarta: Logos,

Danim, Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika

Profesi Guru, Bandung: Alfabeta,

Fadiliyah, Muhammad Kusoy, Membangun Madrasah Unggul Berdaya Saing, Bandung: Pustaka al-Kasyaf, 2012

https://jahidinjayawinata61.wordpress.com/st andar-kompetensi-guru-standar- kompetensi-kepala-sekolah- standar-kompetensi-pengawas- permendiknas-12-13-dan-16/

Istarani dan Intan Pulungan, Ensiklopedi Pendidikan,(Medan: Media Persada, 2015, Jilid I

Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan

Islam, Jakarta: Pustaka al-Husna,

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Nuansa, 2003

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda Karya, 2005

Al-Munjiif fi al-Lughah wa al-A’lam, Beirut: Dar al-Masriq, 1986

Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktek, Jakarta: Kencana, 2011

Nafis, Muhammad Wayuni, Model Pendidikan Guru Abad 21, dalam Proceeding “Redesain Pendidikan Guru, Jakarta: Prenada, 2013

Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Prismasophie, 2004

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Ramayulis, Profesi dan Etika Keguruan,

Jakarta: Kalam Mulia, 2013

Rizali, Ahmad, Satria Darma, Indra Djati Sidi, Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional, Jakarta: Grasindo, 2009

Saroni, Muhammad, Personal Baranding Guru: Meningkatkan Kualitas dan Profesional Guru, Yogyakarta: ar- Ruzz Media, 2011

Suyanto, Asep Jihad, Menjadi Guru Profesional Strategi Peningkatan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta: Erlangga,

Tilaar, H. A. R., Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Undang Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara,

Undang Undang Republik Indonesia Nomor

Tahun 2005 tentang Guru dan

Dosen, Surabaya: Kesindo Utama,

Zainal, Veithzal Rivai, dkk, Islamic Quality Education Management, Jakarta: Gramedia, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al-Awlad