PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-MODUL MENGGUNAKAN MODELING EXO OLO TASK PADA PEMBELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH

Misra Misra, Lailatul Rahmi Rahmi

Abstract


Dalam kegiatan pembelajaran, penggunaan media termasuk komponen penting yang perlu perhatikan oleh pendidik. Namun kenyataannya, media yang digunakan oleh pendidik justru cenderung media konvensional yang mengandalkan buku, papan tulis, spidol, dan alat peraga yang kurang menarik. Penyampaian materi ajar terkesan kurang antraktif dan membosankan, sehingga tujuan pendidikan belum tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan rancangan media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan modeling EXO OLO Task pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTsN 01 Kota Pariaman, (2) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan modeling   EXO OLO Task pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTsN 01 Kota Pariaman.

Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII MTsN 01 Kota Pariaman tahun ajaran 2020/2021. Sementara untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap e-modul diperoleh dengan menggunakan metode angket.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) hasil rancangan dan implementasi e-modul menggunakan modeling EXO OLO Task berhasi diterapkan untuk memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI esuai dengan hasil uji yang dilakukan, (2) hasil analisis data dan uji praktikalitas produk 1 orang pendidik, didapatkan rata-rata skor respon sebesar 95%, jika dikonversikan kedalam tabel penggolongan responden maka termasuk pada kategori sangat praktis. Hasil analisis data dan uji praktikalitas produk untuk 1 orang peserta didik diperoleh hasil 90% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil analisis data untuk uji efektifitas produk 1 orang peserta didik diperoleh hasil 85% dengan kategori efektif.


Keywords


pengembangan media, e-modul, modeling Exo Olo Task

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i1.4497
Abstract views : 32 times
PDF : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Tarbiyah Al-Awlad : Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar ini terindeks: