IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MIN 2 BENGKULU

Sugiarti Sugiarti, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:1) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik tema delapan ‘’Lingkungan Sahabat Kita’’ kelas V di MIN 2 Bengkulu 2) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang di kembangkan pada pembelajaran tematik tema delapan ‘’Lingkungan Sahabat Kita’’ kelas V di MIN 2 Bengkulu. 3) Mendeskripsikan kendala dan upaya yang di hadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik kelas V di MIN 2 Bengkulu.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dilakukan di MIN 2 Bengkulu pada bulan April 2022 – Juni 2022. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik MIN 2 Bengkulu. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik masih kurang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Di dalam proses pebelajaran guru masih sering menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam tema delapan yang terdiri dari tiga sub tema terdapat nilai-nilai karakter religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan, dalam perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru belum tertera pendidikan karakter yang di harapkan dalam teman ‘’lingkungan sahabat kita’’. Hambatan faktor pendidik dalam menerapkan pendidikan karakter yaitu, (1) Pendidik masih kesulitan dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik, (2) Masih kurangnya komunikasi orang tua dengan pendidik tentang pendidikan karakter peserta didik. Hambatan faktor luar kurangnya peran lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan media massa.

Keywords


Pendidikan Karakter; Tematik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5136
Abstract views : 153 times
PDF : 64 times

References


Adisusilo Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter . Jakarta : Rajawali Pers.

Bilqis. Peserta Didik MIN 1 Padang Pariaman. Wawancara Lansung. 15 Juni 2019

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Finafakhriyah, Milaroysa. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter DalamPembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan. (Pgsd Universitas muria Kudus.

Kurnianto Rido. 2009. Penelitian Dan Tindakan Kelas. Surabaya: Lapis-Pgmi Rosdakarya. Tematik Di Kelas IV SD Negeri Prebulan Galur Kulon Progo. Yokyakarta.

Mudyahardjo Redja. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nawawi Hadari. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University

Oktaviani Widri. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III Di MI Negeri I Banyumas. Penelitian.

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rohman Nur. 2018. Menajemen Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar (Studi Di Sd Ut Bumi Kartini Jepara), Junal Pendidikan Karakter.

Roniati Hakim. 2014. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al- Quran, Jurnal Pendidikan Karakter.( 2).

Suharsimi, Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D . Bandung: Alfabeta.

Sardjono. 2004. Panduan Penelitian Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga Press.

Usman Husaini Dan Purnomo Setiady Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta:Bumi Aksara.

Tjetjep R.R. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta : Kencana Preneda Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.