ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Suci Melita Putri, Dorisno Dorisno, Zainal Asril

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan di SDN 09 Air Tawar Barat Padang, ditemukan masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika dalam materi operasi hitung campuran. Kesulitan muncul ketika peserta didik harus menerapkan, memikirkan konsep, dan prosedur untuk memecahkan masalah. Masalah yang sering dihadapi peserta didik saat menyelesaikan soal matematika adalah kemampuannya dalam memahami struktur masalah yang terdapat dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “a) kesulitan-kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. b) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan dalam mengerjakan soal cerita matematika.”
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan latar alamiah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Teknik dan instrumen pengambilan datanya yaitu menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi terhadap peserta didik di SDN 09 Air Tawar Barat Padang.
Berdasarkan hasil penelitian, peserta didik kesulitan dalam mengubah kalimat soal ke dalam bentuk kalimat matematika, dikarenakan peserta didik kesulitan dalam memahami masalah, sehingga peserta didik salah dalam langkah selanjutnya pada soal cerita matematika. Faktor penyebabnya yaitu Peserta didik kurang menguasai materi yang diberikan dan peserta didik jarang berlatih dalam mengerjakan soal.

Keywords


Kesulitan, Soal Cerita Matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5212
Abstract views : 377 times
PDF : 150 times

References


Abdurrahman,Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka landasan untuk pembelajaran,pengajaran,dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). New York: Pearson Addison- Wesley. (Buku asli diterbitkan tahun 2001)

Ahmad Tanzeh. 2010. Dasar-dasar Penelitian, (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,).

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.

Dalyono.2010.Psikologi Pendidikan.Cet. 6. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas – Dirjen Dikdasmen.

Endang Widi Winarni.2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Jakarta: Bumi Aksara).

Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Pers..

J. Lexy Moelong. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasma, R., & Saragih, S. 2003. Kemampuan Siswa SLTP Medan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Kependidikan, tahun XXXIII, no. 1.

Komalasari, M.D. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Pecahan melalui Penerapan Teori Belajar Bruner pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Keputran A Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Komalasari, M.D & Wihaskoro, A. M. 2016. Pembelajaran Matematika Realistik yang Terintegrasi Nilai Karakter dan Kearifan Lokal untuk Siswa SD. Proceeding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Berkualitas. Yogyakarta: UPY Press.

Margono .2007. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Masykur.2007. Mathematic Intelligence. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mujib. 2014. Analisis Penerapan Kurikulum Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman Pada Madrasah Tsanawiyah Dikota Bandar Lampung (Bandar Lampung) .

Nuryah, M., Ferdianto, F., & Supriyadi. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Journal Of Maldives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang.

Proyek Pembinaan Tinggi Agama/IAIN Jakarta Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 2001. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Depdiknas – Dirjen Dikdasmen.

Rusyidi, Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Ciputat: Quantum Teaching.

Schleppenbach, Meg. Flevares, Lucia M. Sims, Linda M. Perry, Michelle. 2007.Teachers Responses to Student Mistake in Chinese and U. S. Mathematics Classrooms. The Elementary School Journal (online) Vol. 108 No. 2.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun.2020. Pedoman Penulisan Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang.

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yin, Robert.2013. Studi Kasus : Desain Dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar