MEDIA GRAFIS KARTU DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Resva Ingriza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan rancangan pembelajaran dengan menggunakan media grafis kartu di kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, dan 3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 21 Kapuh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik SDN 21 Kapuh kelas V dengan jumlah sampel sebanyak adalah 35 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 2 total siklus yang dilaksanakan, siklus pertama peserta didik memperoleh rata rata hasil penilaian sebesar 7,4 untuk itulah harus ada siklus kedua dengan tujuan agar pembelajaran dapat dikuasai oleh peserta didik. Dan benar, pada siklus kedua didapatkan rata rata penilaian sebesar 8,4. 1 angka lebih besar dari siklus pertama. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran IPS dengan penggunaan media garfis kartu yang diawali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran, menyajikan dan membentuk kelompok untuk menjelaskan jawaban dari soal yang ada pada kartu yang membuat peserta didik dapat mengingat materi yang telah di pelajari, menjelaskan, mengungkapkan ide-ide yang ada serta melatih peserta didik berani berbicara dan mengeluarkan pendapatnya.

Keywords


IPS, Media Grafis Kartu, Perencanaan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman dkk. 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan nya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arsyad Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Depdiknas.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Enidarwaniswati. 2006. “Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPS Melalui Media visual di Kelas VI.” Skripsi tidak diterbitkan. FIP-UNP

Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik. 1990. Pendekatan Baru Strategi Belajar MengajarBerdasarkan CBSA. Bandung: CV. Sinar Baru Algensindo

Masniladevi. 2003. Keefektifan Belajar Kooperatif Model STAD Pada Penjumlahan Pecahan. Malang. Universitas Negeri Malang

Megawati, Pembelajaran Melalui Pemecahan Realistik Untuk Memahami Konsep SPL dua Variabel Pada Peserta didik Kelas II SLTP SUPPA Malang:Universitas Negeri Malang.”Tesis tidak diterbitkan”

Mulyani Sumantri. Johar Permana.1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Nana Sudjana. 1997. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontestual(Contextual Teaching And Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang. Universitas Negeri Malang.

Nursid Sumaatmadja. 2006. Konsep Dasar IPS. Jakarta:Universitas Terbuka

Oemar Hamalik.1986. Media Pendidikan. Bandung

Purwanto. 1996. Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya

Ritawati Mahjudin. 2001. Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bagi Peserta didik SN Sumber Sari III. Kec. Lowokwaru / Kodya Malang. Malang. Universitas Negeri Malang

Rochiati Wiraatmaja. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rosna. 2006. “Peningkatan Hasil Belajar Geometri dalam Pembelajaran Melalui Penggunaan Media Bangun Datar Bagi Peserta didik Kelas V SDN 18 Koto Panjang.” Skripsi tidak diterbitkan. FIP-UNP

Rustam Mundilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas. Tesedia dalam http:// klinik pembelajaran.com/booklet /penelitian _tindakan_kelas.pdf.(diakses18Februari2022).http://Akhmadsudrajat.wordpress.com /2022/01/21/penelitian-tindakan -kelas

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Suprayekti. 2007. Dalam (http://216.109.125.130/search/cache?ei=UTF-8&P=macam-macam +media+visual+dalam+pembelajaran+ilmu+ pengetahuan+sosial&fr=yfp-t501&fp_ip=ID&u=abahtika.blogspot.com/ 2022/07/motivasi-dari-pendidik. (diakses 9 April 2022)

Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Mata Dewa

Suwarsih Madya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas I. Tersedia pada http://www.ktipendidik.org/index.php/ptk-1 (diakses 18 Februari 2022)

http://Akhmadsudrajat.wordpress.com/2022/01/21/penelitian-tindakan -kelas

http://kurtek.Upi.Eda/media/source 2-%20klasifikasi%20media.Pdf (diakses 29 April 2022)

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Wina Kencana Group




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar