URGENSI INTEGRASI ILMU KE MI-AN DENGAN ILMU ISLAM

Ahmad Khawani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan pentingnya pengintegrasian antara ilmu MI dengan ilmu Islam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan Pendekatan studi kepustakaan (library research), baik kajian buku atau artikel dengan melalui tahapan mencatat, menganalisis, dengan tujuan agar dapat menjelaskan dan mendeskripsikan tentang penginterasian ilmu MI dengan ilmu Islam. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Integrasi ilmu dan agama merupakan bentuk usaha dalam merealisasikan konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan yang diprakarsai oleh Naquib Al-Attas dan Ismail Raji Al-Faruqi. Sehingga konsep ini menginginkan penggabungan dua sistem pendidikan yakni pendidikan barat dan Islam serta menghasilkan lulusan berpandangan integratif, sehingga dapat disimpulkan bahwa sangat diperlukan nya pengintegrasian antara ilmu MI dengan ilmu Islam agar tidak terjadinya dikotomi ilmu pengetahuan.

Keywords


Integrasi Ilmu, Madrasah Ibtidaiyah, Ilmu Islam

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v12i2.5216
Abstract views : 264 times
PDF : 113 times

References


Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Creswell, J. W. (2018). Keterampilan Esensial Untuk Peneliti Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Delar, D. A., Reinita, R., Arwin, A., & Mansurdin, M. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Model Cooperative Tipe Make a Match di SDN 05 Sawahan Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8390–8400.

Fajrin, L., & Muqowim, M. (2020). Problematika Pengintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Pembelajaran Ipa Di Mi Miftahul Huda Jepara. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 295–312.

Hidayat, F. (2015). Pengembangan paradigma integrasi ilmu: Harmonisasi Islam dan sains dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299–318.

Istikomah, I. (2017). Integrasi ilmu sebuah konsep pendidikan Islam ideal. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(2), 408–433.

Lestari, S., & Putro, K. Z. (2021). Integrasi Ilmu Keislaman Mi Dalam Pembentukan Karakter Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33–44.

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1–12.

Mustofa, M. L., & Syaifuddin, H. (2007). Intelektualisme Islam, Melacak Akar-Akar Integrasi Ilmu dan Agama. Malang: Aditya Media.

Nizar, H. S. (2013). Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Kencana.

Nurfadila, H., & Nurjanah, S. (2022). Konsep Ilmu Ke MI an. MASALIQ, 2(1), 167–184.

Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. M. K. (2019). Studi kepustakaan mengenai landasan teori body image bagi perkembangan remaja. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121–135.

Salminawati, S. (2017). Konsep Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran MI.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.

Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204–219.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ….

Syuhada, S. (2016). Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah: Kasus di Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.