Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring

Dilla Ardanti Z, Hidayati Hidayati, Dorisno Dorisno

Abstract


Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring” ditulis oleh Dilla Ardanti. Z, NIM 1814070105, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik saat bekerja sama dalam diskusi kelompok, pendidik belum banyak menggunakan variasi model pembelajaran, dan kurang minat peserta didik dalam pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah di buktikan dari 27 peserta didik 44,44% peserta didik yang tuntas nilai MID semester ganjil dan 55,56% peserta didik yang tidak tuntas.
Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan penerapan model Cooperative tipe Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 37 Anduring. (2) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar tematik yang menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write pada peserta didik kelas V SDN 37 Anduring.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 28 dan Ms. Excel.
Berdasarkan hasil analisis uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS V.28 diperoleh signifikan α (2-tailed) sebesar 0,003, thitung = 3,097 dan ttabel = 2,018 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,097 > 2,018, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dan dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik Di Kelas V SDN 37 Anduring.

Keywords


Cooperative Tipe Think Write;Hasil belajar;Tematik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6293
Abstract views : 91 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 77 times

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013.

Jakarta: PTPrestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Armayesi, Fany. 2020. Penerapan Model Kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dalam PembelajaranTematik Terpadu di Sekolah

Dasar. Journal Of Basic Education Studies Volume 3 No. 2.

Dimyati, Johni. 2007. Pembelajaran Tematik: Untuk Taman Kanak- Kanak/Raudatul Athfal dan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dorisno, D. (2018). Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answers Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(1), 88-97.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Harahap, Mardiati. Guru SDN 37 Anduring, Wawancara Langsung. 13 November 2021. Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan: Komponen MKDK, (Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu.(edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

. 2015. Metode Penelitian Sosial.

Jakarta: Rajawali Pers.

Prabowo, Andri. 2019. AnalisisPembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana. Sanjaya, Wina. 2103. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:

Prenada Media Grup.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, F., & Dorisno, D. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS II

SEKOLAH DASAR. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(1), 73-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.