Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Kota Padang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6398
Abstract views : 98 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 111 times
References
Abdul, Kadir. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013).
Yogyakarta: Cava Media.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : Syaamil Cipta Media.
Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP),
Jakarta.
Dunne, Richard.2001. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
E, De Bono. 2007. Revolusi Berpikir. Terjemahan oleh Ida Sitompul dan Fahmi Yamani.
Bandung : Kaifa.
Fatchurrohman. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integrasi Eksternal dan Internal. Jakarta: Bumi Aksara.
Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.
Hamka.1985. Tafsir Al-Azhar Juz XXVIII. Jakarta : Perpusta Panjimas.
Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kualitatif, Kuantitatif dan
Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Hermawanti, Afifah Sinta, dkk. 2015. Efektivitas Pembelajaran Tematik Ditinjau dari Kemampuan Guru Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di Kelas V SD Muhammadiyah 8 Kec. Tulangan. Prodi PGSD FIP Univ Trunojoyo Madura, Vol.3, No. 1.
Hidayat, Aziz Alimul. 2021. Menyusun instrument penelitian & uji validitas-reliabilitas, Surabaya : helth books Publishing.
Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.
Karwono dan Heni Mulsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok : Raja Grafindo Persada.
Kristanto, Vigih Hery. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.
Majid, Abdul. 2015. Pendekatan ilmiah dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Rosda Ukuran.
Munasik. 2012. Kemampuan Guru Sekolah Dasar Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah. Jakarta: Prenamedia Grup.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan ajar Tematik. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.
Remiswal, R. (2021). The influence of contextual teaching and learning approach and students’ gender on mathematics understanding at grade IV SDN Alang Lawas, Padang. JURNAL PAJAR: PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 5(4).
Resmini, Novi. 2016. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Skripsi (Universitas Pendidikan Islam.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profisionalisme Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera. Samsuri. 2013. Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Efektivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Subroto, Hadi dan Trisnoda Ida Siti Herawati. Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Pusat
Penerbit Universitas Terbuka.
Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada. Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Grup.
Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. W Pohpam, James. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rhineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.