Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Peserta Didik Kelas V di MIN 3 Kota Padang

Muhamad Ikhlas, Remiswal Remiswal, Dwi Nur Umi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran tematik yang diterapkan dalam proses belajar mengajar masih terlihat pemisahan antar mata pelajaran. Proses belajar mengajar sudah menerapkan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang menyediakan buku tema, tetapi berdasarkan penelitian belum sepenuhnya menunjang terjadinya proses belajar mengajar yang kondusif, kreatif dan inovatif. Hal yang menyebabkan pembelajaran tematik belum mencapai tahap maksimal adalah kurangnya kepedulian pendidik terhadap kreativitas yang dimiliki peserta didik dan pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tematik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V di MIN 3 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment atau eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest yang dilakukan terhadap kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MIN Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan sampel dari penelitian ini adalah kelas V. Instrument yang digunakan adalah berupa tes Essay sebanyak 10 soal. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif dengan berbantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik dengan langkah-langkah pelaksanaan meliputi, persiapan (Preparation), penyajian (Presentation), menghubungkan (Correlation), menyimpulkan (Generalization), dan penerapan (Application) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemudian hasil analisis data diberoleh rata-rata hasil belajar pretest 68,13 dan rata-rata hasil posstest 88,43. Berdasarkan hasil uji-t sehingga diperoleh nilai hitung thitung = 9.256, kemudian ttabel = 2.045 dapat dilihat pada tabel statistik pada signifikasi 0.05, karena thitung > ttabel (9.256 > 2.045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran tematik di MIN 3 Kota Padang.

Keywords


Efektivitas, Pembelajaran Tematik, Berpikir Kreatif



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6398
Abstract views : 98 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 111 times

References


Abdul, Kadir. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013).

Yogyakarta: Cava Media.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : Syaamil Cipta Media.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP),

Jakarta.

Dunne, Richard.2001. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E, De Bono. 2007. Revolusi Berpikir. Terjemahan oleh Ida Sitompul dan Fahmi Yamani.

Bandung : Kaifa.

Fatchurrohman. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integrasi Eksternal dan Internal. Jakarta: Bumi Aksara.

Hajar, Ibnu. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press.

Hamka.1985. Tafsir Al-Azhar Juz XXVIII. Jakarta : Perpusta Panjimas.

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Hermawan, Iwan. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kualitatif, Kuantitatif dan

Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Hermawanti, Afifah Sinta, dkk. 2015. Efektivitas Pembelajaran Tematik Ditinjau dari Kemampuan Guru Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran di Kelas V SD Muhammadiyah 8 Kec. Tulangan. Prodi PGSD FIP Univ Trunojoyo Madura, Vol.3, No. 1.

Hidayat, Aziz Alimul. 2021. Menyusun instrument penelitian & uji validitas-reliabilitas, Surabaya : helth books Publishing.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Karwono dan Heni Mulsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok : Raja Grafindo Persada.

Kristanto, Vigih Hery. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.

Majid, Abdul. 2015. Pendekatan ilmiah dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Rosda Ukuran.

Munasik. 2012. Kemampuan Guru Sekolah Dasar Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah. Jakarta: Prenamedia Grup.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan ajar Tematik. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Remiswal, R. (2021). The influence of contextual teaching and learning approach and students’ gender on mathematics understanding at grade IV SDN Alang Lawas, Padang. JURNAL PAJAR: PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 5(4).

Resmini, Novi. 2016. Model-Model Pembelajaran Terpadu. Skripsi (Universitas Pendidikan Islam.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profisionalisme Guru.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera. Samsuri. 2013. Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013.

Siagian, Sondang P. 2002. Kiat Meningkatkan Efektivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Subroto, Hadi dan Trisnoda Ida Siti Herawati. Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Pusat

Penerbit Universitas Terbuka.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada. Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung : Alfabeta.

Sugiyono.2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Grup.

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. W Pohpam, James. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Rhineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.