Analisis Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik di SD/MI

Zona Aprillia, Rendy Nugraha Frasandy

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan dari kurikulum 2013 yang seharusnya pendidikan tematik terpadu mengutamakan keterampilan berpikir tingkat tinggi HOTS (High Order Thinking Skills) serta keterampilan 4C yang meliputi critical thinking, communication and collaboration skills, creativity and innovation skills, and contextual learning skill. Namun pada kenyataannya masih banyak terdapat kemampuan HOTS (High Order Thinking Skills) pada pembelajaran tematik di SD/MI yang masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu permasalah tersebut dapat diatasi dengan perbaikan proses pembelajaran mengunakan penerapan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan Model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif, yang menggunakan Artikel jurnal sebagai objek yang utama. Sumber data yang menjadi bahan dalam penelitian ini berupa 8 (delapan) Artikel jurnal tentang penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Content analysis. Hasil Analisis 8 (delapan) Artikel jurnal tentang penerapan model Discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI ditemukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI setelah diterapkannya model Discovery learning. Hal tersebut terjadi karena pada saat penerapan langkah-langkah model Discovery learning terdapat indikator-indikator kemampuan berpikir kritis yang dikemukakan oleh Ennis yaitu memberikan penjelasan sederhana terjadi pada saat kegiatan problem statement, Membangun keterampilan dasar terjadi pada saat kegiatan date collaction, memberi tindakan terjadi saat kegiatan date processing, menyimpulkan terjadi saat kegiatan verification, dan yang terakhir, memiliki keyakinan terjadi saat kegiatan generalization. Serta menjadi salah satu referensi model pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di SD/MI, terlebih lagi pada muatan mata pelajaran IPA dan Matematika selain itu model Discovery learning sangat dianjurkan untuk diterapkan dikelas tinggi IV (empat), karena dalam penerapan Model Discovery learning dikelas IV (empat) mendapatkan hasil yang sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pelajaran tematik SD/MI.

Keywords


Pembelajaran Discovery. Berpikir kritis. Pembelajaran tematik



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6599
Abstract views : 222 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 182 times

References


Daryanto, Syaiful Karim. 2017. Pem- belajaran Abad 21, Yogya- karta: Gava Media

Dina Aprilianingrum dan Krisma Widi Wardani. 2021. Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. JURNAL BASIC- EDU, 5(2)

Dorisno, D., & Nanda, O. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Discovery Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(2), 186-195.

Eni Kurniawati. 2021. Analisis Mod- el Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta didik SD: Narrative Review. Skripsi Program Studi PGMI, Magelang, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah

Hikmawati Fenti. 2017. metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers

Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner Yogyakarta: Paradigma Laura Rahman Lala, dkk. 2021. Pen- garuh Model Pembelajaran Discovery Learning

Berbasis LKS Tipe Word Square Terha- dap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik, J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) 2(1)

Mardiah. 2022. Tujuan Pendidikan dalam Al-Qur’an. jurnal Al- Liqo, 04(1)

Maulida Anggraina Saputri dan Theresia Sri Rahayu. 2021. Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Berfikir Kritis pada

Pembelajaran Matematika: Kajian Meta- Analisi. Fondatia: Jurnal Pendi- dikan Dasar, 5(1)

Penggunaan Model Discovery Learning dan Motivasi Ter- hadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2)

Prasetyo Fajar, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Lear- ning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas 5 SD. Jurnal Didaktika Tauhidi, 7(1)

Rusman. 2015. Pembelajaran Tema- tik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers

Sa’diyah Awalus. 2019. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. EDU- KASI: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 11(1)

Saefududdin Asis. 2014. Pembelaja- ran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pemb- elajaran. Jakarta: Kencana Pre- nada Media Group Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka

Cipta

Syiti Mutia Hasnan, Rusdinal, dan Yanti Fitria. 2020. Pengaruh

Toni Hidayat, dkk. 2019. Peningka- tan Kemampuan Berpikir Kri- tis Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV Melalui Model Pembelaran Discovery Learni- ng Pada Tema Indahnya Keb- eragamandi Negeriku. Judika. Jurnal Pendidikan Unsika. 7(1)

Windarti Wahyu, Dkk. 2020. Penga- ruh Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Pada Mata Pelajaran Mate- matika Kelas V SD. Jurnal Tematik, 10(2)

Wulandari Fadilah. 2020. Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemam- puan Berpikir Kritis Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar