Pembelajaran Tipe Team Games Tournament: Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

setria milda putri, Raudhatul Jannah

Abstract


Penelitian menyebutkan beberapa keterampilan memiliki peran penting dalam perkembangan dunia anak seperti keterampilan komunikasi dan berkolaborasi. Melalui komunikasi, anak dapat berbagi ide dan mengklarifikasikan pemahamannya tentang sebuah informasi yang didapat. Dewasa ini, beragam model pembelajaran yang memiliki kelebihan dan kekurangan dapat diterapkan dalam mengelola pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, termasuk kebutuhan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang sudah banyak dikenal adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan data bersifat deskriptif. Semua data yang diperoleh dalam penelitian yaitu berupa data wawancara, data pengamatan langsung, maupun dokumen diolah secara deskripsi berupa kata-kata tertulis. Angket yang disebarkan kepada siswa setelah melaksanakan pembelajaran TGT terhadap tingkat komunikasi dan hasil pembelajaran dalam pembelajaran tematik yaitu 14 siswa menyukai pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) atau 80 % siswa memiliki termotivasi dan 4 siswa kurang menyukai pembelajaran tematik model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) atau 20 % siswa kurang termotivasi. Dengan kondisi hasil refleksi tersebut mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran tematik siswa kelas II ternyata dapat menjadikan pembelajaran lebih baik, kreatif, dan menyenangkan.

Keywords


Model Kooperatif tipe Team Games Tournament, Pembelajaran Tematik, Komunikasi, hasil belajar.



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6700
Abstract views : 144 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 85 times

References


Ab Kadir, M. Akshir. 2017. “What Teacher Knowledge Matters in Effectively Developing Critical Thinkers in the 21 St Century Curriculum?” Thinking Skills and Creativity.

Chasanah, Chuswatun, Riyadi, and Budi Usodo. 2020. “The Effectiveness of Learning Models on Written Mathematical Communication Skills Viewed from Students’ Cognitive Styles.” European Journal of Educational Research.

Dwi, Dwi Nur Umi Rahmawati, Dorisno Dorisno, and Rendy Nugraha Frasandy. 2023. “Internalisasi Nilai Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik SD/MI.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).

Fadli, Adi, and Irwanto. 2020. “The Effect of Local Wisdom-Based ELSII Learning Model on the

Problem Solving and Communication Skills of Pre-Service Islamic Teachers.” International Journal of Instruction.

Karmila, Uvi, and Khamida Siti Nur Atiqoh. 2021. “PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI

MADRASAH IBTIDAIYAH.” Jurnal Padegogik.

Musbaing. 2021. “Analisis Karakteristik Belajar Peserta Didik Melalui Model Vak (Visual, Auditory, Kinestheitic) Dalam Pembelajaran Ipa Kelas v Sd Negeri 51 Mulaeno Kabupaten Bombana.” Jurnal Pendidikan Refleksi.

Sutrisno AB, Joko, and Elvandri Yogi Pratama. 1967. “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM

POSING.” EPSILON (Jurnal Pendidikan Matematika STKIP-PGRI Bandar Lampung).

Toifur, Ahmad, and Wahyu Dwi Kurniawan. 2022. “Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa.” JPTM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.