Implementasi Metode Jarimatika Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Ayunis Ayunis, Dorisno Dorisno

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 04 Baringin Kota Padang pada materi perkalian. . Sebab itu,peneliti melaksanakan metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi perkalian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi perkalian sederhana. Fokus penelitian ini pada siswa kelas III SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah dengan jumlah siswa 27.  Penelitian ini menggunakan metode  penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan.Diakhir siklus diberikan soal-soal penilaian untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal yaitu Siklus I Pertemuan 1, Pertemuan 2 dan Pertemuan 3. Serta siklus II Pertemuan 1, Pertemuan 2, dan Pertemuan 3. Subjek ini adalah seluruh siswa kelas III SD SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menejelaskan bahwa prestasi matematika siswa Kelas III SDN 04 Baringin Kecamatan Koto Tangah dalam perkalian matematika mengalami peningkatan. Setelah menerapkan metode Jarimatika 70 % siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada perkalian dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode jarimatika.

Keywords


jarimatika, hasil belajar, matematika, sekolah dasar



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i1.6874
Abstract views : 134 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 66 times

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., dan Gunarto, H. (2013). “Model dan Metode Pembelajaran”. Semarang: Unissula.

Aisyah, N, 2007 Pengembangan Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Arbaul Fauziyah (2021).”Penelitian Tindakan Kelas :Teori Dan Penerapan nya. “ Jawa Barat “

Astuti, T, Metode Berhitung Lebih Cepat Jarimatika. Jakarta: Lingkar Media, 2013, hlm.

Ayunis, A., & Dorisno, D. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(1), 11-20.

Chalijah, Hasan. 2004. Dimensi-dimensi Psikologi. Surabaya : Al-Ikhlas.

Charli, L., Amin, A., dan Agustina, D. (2018). “Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuk Linggau Tahun Pelajaran 2016/2017”. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.

Dorisno, D. (2019). Hubungan Gender dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(1), 19-28.

Hamalik Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007, hlm. 30. Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap

Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta.

M. Ilyas, Armizi armizi (2022). Metode mengajar dalam pendidikan menurut nur uhbiyati dan e. Mulyasa. Jurnal pendidikan islam. Vol. V, No. 2, 2020

Poerwanti, M. (2009). Mengembangkan Tes sebagai Instrumen Evaluasi

Pupuh Faturrohman dan Moh. Sorby Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar-Melalui Penanaman Konsep Umum dan Islami. Bandung: PT Rineka Cipta.

Septi Peni Wulandari. (2008). Jarimatika Perkalian dan Pembagian. Tangerang: PT Kawan Pustaka.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010, hlm. 54.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Suparni, S. (2017). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah”. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 36-41.

Suprihatiningrum Jamil, Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2013, hlm. 37.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik.

Prestasi Pustakarya.

Wulandari, Septi Peni. Jarimatika Penjumlahan dan Pengurangan. Jakarta: Kawan Pustaka, 2013 hlm. 15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar