Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA

Leni Parwati, Fauziyyah Roosyidah, Dwi Nur Umi Rahmawati

Abstract


IPA merupakan salah satu cabang ilmu yang memiliki peran dalam kehidupan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Salah satu model pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik memahami dan meningkatkan pengetahuan pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis proyek yaitu project based learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen, menggunakan teknik posttest only control design. Populasi penelitian peserta didik kelas IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPA 1 untuk kelas eksperimen dan siswa kelas IPA 2 untuk kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik dalam penguasaan materi IPA hasil signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,011 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran, PjBL, kompetensi Pengetahuan, IPA.

Keywords


Model Pembelajaran PjBL kompetensi Pengetahuan



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.7308
Abstract views : 68 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 12 times

References


Adijaya, N. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10 (2), 7.

Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The diffence of students learning outcomes using the project-based learning and problem based learning model ini term of self-efficacy. In Journal of Physycs: Conference Series, 1387 (1), 012082.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Biologi Siswa SMP, 5(1), 20-30.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian teoritis-kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Ilsam). TARBAWY: Indonesia Journal of Islamic Education, 6 (1), 19-32.

Apriana, D., Wardhani, S., & Haryadi. (2019). Implementasi of discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif dan zat adiktif di kelas VIII SMP As Shiddiqiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi , 5 (1), 20-30.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. Fikri, R. A., Syamsurizal, S., & Fitri, R. (2018). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Bioeducation Journal, 2(2), 208-217.

Fikri, R. A., Syamsurizal, S., & Fitri, R. (2018). Implementasi Pendekatan Konstruktivisme melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 12 Padang. Bioeducation Journal, 2 (2), 208-217.

Gunawan, I., Palupi, P., & Anggraini, R. (2016). Taksonomi bloom-revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Jurnal Unipm, 2 (1), 1-8.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Harnita, W., Abdullah, R., Yualitas Gusmareta, & Rizal, F. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016 / 2017. Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(1), 1–8.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan kompetensi mahasiswa melalui efektivitas program magang kependidikan. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1, 125.

Kamsiar. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 07 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Tarbiyah Al Aulad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar , 8 (1).

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektivan Model Pembelajaran PjBL (project based learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2).

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Leraning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 241-251.

Octavani, F., Syamsurizal, S., Darussyamsu, R., & Selaras, G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MAKE a Match Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Atrium Pendidikan Biologi, 5(3), 30-37.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).

Pane, A., & Dasopang, D. M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 3 (2), 337

Rahmawati, D. N. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Project Based only Learning (PjBOL) Pada Mata Kuliah Eksperimen Sains Semester V. Tarbiyah Al Aulad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar , 10 (2).

Rahayu, S. T., Handoyo, B., & Rosyida, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Spasial Siswa melalui Penerapan Project Based Learning dengan Menggunakan Platform Google Classroom. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-ilmu Sosial (JIHI3S), 2(1), 68-80.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2 (1), 21.

Roza, M. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Creativity and Innovation Skills Mahasiswa. Tarbiyah Al Aulad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar , 8 (2).

Sahil, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Canva Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Biologi IAIN Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 195-197.

Seftiani, S., Zulyusri, Asih, F., & Lufri. (2021). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan,7(2), 110-119.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. 21(1), 1-9.

Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran , 4 (1), 185-193.

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi & Fitriani, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (Jrips),1(1), 61-80.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G.A. (2019). Analisis Tematik Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Indonesian Journal of Educational Assessment,2(1).

Wardani, T. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Belajar Sisa pada Materi Optika Geometris Kelas X MAN Darussalam (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Yogica, R., Muttaqin, A., Fitri, R, Ardi, & Lufri. (2020). Metode Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: IRDH Book Publisher.

Zakiyatunnisa, Hardiyanti, P., & Enramika, T. (2023). Model Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arap Tingkat Sekolah Dasar. Tarbiyah Al Aulad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar , 13 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.