Upaya Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Tahap Pembiasaan

Apri Yanda apriyanda, Setria Milda Putri, Raudhatul Jannah

Abstract


Dewasa ini, adanya sistem digitalisasi hampir dalam segala aspek kehidupan, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Perkembangan teknologi secara langsung memberikan dampak positif, namun secara tidak lagsung menjadi tantangan sendiri bagi peserta didik. dalam pendidikan masa kini tidak hanya berfokus pada pemanfaatan teknologi, akan tetapi minat baca peserta didik harus diperhatikan untuk menyongsong kemajuan teknologi tersebut. Oleh karena itu, Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan minat membaca peserta didik setelah diimplementasikan kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SD di Kabupaten Dharmasarya. teknik pengumpulan data observasi, kusioner dan studi pustaka. Pada akhir penelitian didapatkan gambaran kemampuan literasi membaca peserta didik, bagaimana pelaksanaan kegiatan lietrasi berjalan dalam menumbuhkan minat membaca serta faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan literasi membaca dilaksanakan.

Keywords


Literasi, Minat baca, Pembiasaan, Peserta Didik Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.7366
Abstract views : 104 times
PDF : 27 times

References


Abdullah, M. Y., Hastuti, W., & Karmila, A. (2019). Media Edukatif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Emas. Pena, 2, 296–307

Afriatama, R., & Sapri, S. (2023). Menggali potensi gemar membaca melalui program literasi: Studi implementasi karakter gemar membaca di masyarakat. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/download/3057/153

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v sd gugus ii kuta utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Ayunis, A., & Dorisno, D. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(1), 11-20.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 522–527.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53–62.

Destian, I. H., Islam, U., & Ulama, N. (2021). Strategi dan Tantangan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Pendahuluan Aspek keterampilan berbahasa memiliki beberapa ranah keterampilan diantaranya yaitu menulis , membaca , menyimak dan berbicara . Salah satu dari as. Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3, 336–347.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498.

Nirmala, S. D. (2022). pProblematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 393–402.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/jp3k.v1i1.11

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 8(1), 128–134.

Prayoga, G., Tisnasari, S., & Yuliana, R. (2023). Implemetasi Program Literasi Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Sarana Baca. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1–8.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.