Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar

Dorisno Dorisno, Ayunis Ayunis, Rinja Efendi, Zulfahmi HB

Abstract


Berfikir kreatif di Indonesia masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang tidak mempertimbangkan kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, pemerintah sudah mencanangkan kurikulum Merdeka yang identik dengan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajarannberdiferensiasi diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensasi terhadap berfikir kreatif, mengetahui hal yang membuat berfikir kreatif meningkat setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensasi dan kendala-kendala dalam penerapan pembelajan berdiferensiasi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan metode systematic literature review (SLR) yang terdiri 5 tahapan yakni merumuskan masalah, mencari literatur (identifikasi), memilih hasil pencarian literatur yang sesuai dengan quality assessment (penyaringan dan kelayakan), analisis hasil literatur dari artikel yang lolos quality Assesment, membuat kesimpulan penelitian. Hasil analisi data menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensasi memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan berfikir kreatif peserta didik, meningkatnya berfikir kreatif peserta didik karena pembelajaran berdiferensiasi mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik, meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik, kendala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar ialah memerlukan waktu yang Panjang, kendala dalam memahami kebutuhan peserta didik yang berbeda dan kesulitan dalam pengelolaan kelas yang besar.

Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Berfikir Kreatif, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.8307
Abstract views : 174 times
PDF : 343 times PDF : 30 times

References


Afida, R. N. (2022). Literature Review : Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. 643–647.

Aprelia Rukmi, D., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Percaya Diri Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Ips Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624–635. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647

Calderón, A., & Ruiz, M. (2015). A Systematic Literature Review on Serious Games Evaluation: An Application to Software Project Management. Computers & Education, 87, 396-422

Dorisno, D., Zulfahmi, H. B., & Nurbaiti, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Madrasah Ibtidaiiyah. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 11(2), 169-181.

Dwi, D. N. U. R., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). INTERNALISASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28-36.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.

The Global Economy. (2021). Global Innovation Index Indonesia 2021. The Global Economy.

Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.

Marlina, M. (2020). Pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Muhlisah, U., & Kesumawati, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMA. 07(November), 2793–2803.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing

Nuriyani, R. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar peserta didik. 04(02), 171–181.

Nuryani, S., Nugraheni, N., & Artiningsih, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Menggunakan Media Kantong Budaya. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 1018–1030.

Nurjan, S. (2018). PENGEMBANGAN BERPIKIR KREATIF. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 6(1), 1–8. .

Nuriyani, R., Waluyati, S. A., & ... (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar Peserta Didik. ASANKA: Journal of …, 04(02), 171–181.

Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173–180.

Putri, H. E., & dkk. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrmennya. UPI Sumedang Press.

Rukmi, D. A., Havifah, B., Khosiyono, C., Dasar, P., Pendidikan, P., & Tamansiswa, U. S. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 10, 624–635.

Sa’ida, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. KIDDO : jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101–110. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9400

Safitri, N. E. (2023). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2023 e-ISSN: 2829-3541. 153–159..

Saidah, I., Dwijanto, & J, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Susilawati, W. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Matematika. In Cv. Insan Mandiri.

Untuk, E. S. D., Berpikir, M., & Dan, K. (2023). META ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF Nurdiyati 1* , Intan Indiati 2 , Siti Patonah 3. 09(02), 101–109.

Supardi. (2013). Peran Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 248–262.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Wahyuningsih, S., & Sunarti, S. (2023). Meningkatkan Inovasi dan Kreatifitas Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Fasilitasi Merdeka. Proceedings …, 10(117). https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.687

Yusuf, M. (2014). Metodolodi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Utama. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar