Pengembangan Modul Berbasis Arias Pada Materi Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kelas 2 SD/MI

Mahmud Mahmud, Abdul Basit, Ramanda Ramanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep pelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA) pada peserta didik. Kurangnya pemahaman konsep tersebut dianggap sebagai hambatan utama dalam memahami pembelajaran. Salah satu faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep peserta didik adalah kekurangan bahan ajar atau sumber materi yang dapat dijadikan pedoman pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan suatu bahan ajar, yakni modul berbasis ARIAS, dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep peserta didik secara valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4D oleh Thiagarajan Sammel dan Semmel. Model ini melibatkan empat tahap, yakni pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini hanya mencakup tahap pengembangan (develop), di mana modul dikembangkan dan kemudian diuji validitas serta praktikalitasnya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas terdiri dari lembar validasi dan angket yang diberikan kepada ahli materi/isi, ahli media, dan ahli bahasa. Sementara itu, instrumen praktikalitas melibatkan lembar praktikalitas dan angket yang disebarkan kepada pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis ARIAS pada materi sistem peredaran darah manusia memenuhi kriteria sangat valid, dengan rata-rata nilai validitas mencapai 86,9%. Begitu juga dengan praktikalitas, di mana modul ini dinilai sangat praktis dengan rata-rata 93,2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil menghasilkan modul berbasis ARIAS yang valid dan praktis, yang dapat efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam (IPA).

Keywords


Pembelajaran IPA, Modul pembelajaran, Pemahaman konsep

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v13i2.8308
Abstract views : 28 times
PDF : 25 times

References


Almira, Amir, “Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap pemahaman Konsep Mtematika”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, No 2, 2014

Mahmud, M., & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 5(2)

Mj, H. D. (2023). Pengaruh Media Flipbook Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sdn Lebakwangi 01 Kabupaten Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Ningrum, E. (2009). Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. Bandung: Buana Nusantara.

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2019). Pengembangan Pembelajaran Sains SD

Rahmadana, J., & Jailani, M. S. (2022). Pengembangan modul berbasis arias untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas v sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 774-785.

Rahman, Muhammad dan Amri Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya

Refita, R., Herdini, H., & Abdullah, A. (2021). Penerapan model pembelajaran arias untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1), 23-29.

Susanti, S. (2014). Meningkatkan efektivitas pendidikan nonformal dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Tamrin, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3747-3754.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep tri hita karana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479-490

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Prose Pendidikan, (jakarta : Kencana Prenada Group,2009), h. 134


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar