Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Animaker Untuk Kelas III Sekolah Dasar

Ridania Ekawati, Lili Rahmayani, Selvia Mariati

Abstract


Tujuan dikembangkan media pembelajaran animasi berbasis animaker yaitu untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Membuat suasana belajar menjadi asik, menarik dan menyenangkan bagi siswa. Pada saat melakukan observasi di sekolah, guru belum maksimal mengunakan media pembelajaran berbasis IT. Guru belum menyediakan media pembelajaran yang terbaru, tetapi hanya memanfaatkan buku dan media pembelajaran seadanya. Jadi oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran berbasis animaker dengan kategori valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE memiliki  lima tahap yaitu analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation).Hasil dari penelitian media pembelajaran animasi berbasis animaker pada validasi mendapatkan nilai 90% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil dari praktikalitas mendapatkan nilai 91% dengan kategori sangat praktis. Dan nilai dari efektifitas yaitu 92% dapat dikategorikan sangat efektif. Jadi media pembelajaran animasi berbasis animaker mencapai kriteria sangat valid, praktis dan efektif.


Keywords


Media Pembelajaran, Animaker, Matematika



DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8640
Abstract views : 1 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 0 times

References


Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18.

Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.

Asih, L. K., Atikah, C., Pendidikan, T., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi. 10. 386-400.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (n.d.). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Murid. 0812(2019), 181–188.

Hidayat, F., Rahayu, C., Barat, K. B., Nizar, M., Coblong, K., & Bandung, K. (2021). Model Addie ( Analysis , Design , Development , Implementation And Evaluation ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie ( Analysis , Design , Development , Implementation And Evaluation ) Model In Islamic Education Learning. 28–37.

Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi. 2(2), 143–148.

K., Addie, M., Anak, P., & Dini, U. (2013). Pengembangan sistem pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 menggunakan model addie pada AUD. 122–130.

Masmelda, Utari. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Untuk Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Nearpod Di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Al-Awlad : Jurnal Kependidikan Islam tingkat Dasar. Vol 13, No-2

Misra. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Menggunakan Modeling Exo Olo Task Pada Pembelajaran SKI Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Tarbiyah Al- Awlad : Jurnal kependidikan Islam Tingkat Dasar. Vol 12 (1)

Nabila, N., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Yogyakarta, D. I. (2021). Konsep pembelajaran matematika sd berdasarkan teori kognitif jean piaget. 6.

Nurhaeni, Haki Pranata, O., & Respati, R. (2019). Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Murid Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. Pedadidaktika, 6(1), 58–67.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahmatika, Ulva. (2023). Efektifitas Media Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Islam Khaira Ummah Padang. Jurnal Tarbiyah Al- Awlad : Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar. Vol 13 (2).

Sidabutar, N. A. L., Ilmu, F., Sumatera, U. I. N., & Medan, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor. 06(02), 1374–1386.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ridania Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.