Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Nurbaiti Nurbaiti, Dorisno Dorisno, Laila Alfi sahri Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Auditory, Intelectualy, Repetition (AIR) pada pokok bahasan tema 7 peristiwa dalam kehidupan tema 2 Peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 200212 padangsidimpuan yang berjumlah 62 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas Va yang diambil secara purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel, serta lembar angket untuk menilai si peneliti. Hasil pengumpulan data yang dilakukan diperoleh nilai mean sebesar 89,81 berada pada kategori “Sangat Baik”, Median sebesar 89,95 berada pada kategori “Sangat Baik”, dan modus sebesar 88,3 berada pada kategori “Sangat Baik”. 17 butir pernyataan dari observer diperoleh bahwa seluruh pernyataan dijawab dengan “Ya” artinya bahwa penggunaan model pembelajaran mulai dari persiapan sampai kesimpulan berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 68 dan rata-rata posttest 83,5. Hasil perhitungan pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel atau 13,14 > 2,04  yang artinya На diterima yaitu Penerapan Model Pembelajaran AIR Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 200212 Padangsidimpuan

 


Keywords


Model Pembelajaran AIR, Hasil Belajar

References


Asmara Nasution, S. R. (2020). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Dengan Strategi Inkuiri Pada Tema Lingkungan Di Kelas Iii Sdn 1001004 Sitinjak. 8(1), 267–

Ayunis, A., & Dorisno, D. (2022). Efektifitas Pendekatan RME Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(1), 11-20.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran. In UPT UHAMKA Press. www.uhamkapress.com

Harahap, M. H., Nasution, S. R. A., & Nurbaiti, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Kondisi Geografis Indonesia Menggunakan Metode Investigasi Kelompok Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 101240 Liang Asona Kec. Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 379–389.

Delina, S., Nasution, S. R. A., & Nurbaiti, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Kelas V Sd Negeri 100670 Hutaimbaru Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 3(2), 372-378.

Dorisno, D., Aisyah, H., Rahmawati, D. N. U., & Frasandy, R. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(1), 33-44.

Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & Zulfahmi, H. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163-174.

Dorisno, D. (2019). Hubungan Gender dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 9(1), 19-28.

Dwi, D. N. U. R., Dorisno, D., & Frasandy, R. N. (2023). Internalisasi nilai dalam pembelajaran Matematika untuk melatih profil pelajar pancasila peserta didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 28-36.

Manasikana, O. A., Af’ida, N., Mayasari, A., & Siswanto, M. B. E. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP (Issue 1).

Nurbaiti, E. M., Rati, S., Nasution, A., Sucahyo, E., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F., & Tengah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema 6 Subtema 1 Sumber Energi Melalui Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 155688. 2(3), 211–218.

Nurbaiti, H. S. ritonga, Ilahi, A., & Artikel. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Keragaman Etnis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Siswa Kelas IV Sd Islam. 12(1), 232–236.

Remiswal, R. (2021). The influence of contextual teaching and learning approach and students’ gender on mathematics understanding at grade IV SDN Alang Lawas, Padang. JURNAL PAJAR: PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 5(4).

Sappaile, B. I., Pristiwaluyo, T., & Deviana, I. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa (Issue February).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan.

Putri, S. M., Dorisno, D., & Asril, Z. (2022). ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 12(2), 171-180.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: https://doi.org/10.15548/alawlad.v14i1.8647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 nurbaiti nurbaiti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.